Suami Harapan Istri

No comment 700 views

Artikel ini melanjutkan artikel kemarin tentang kriteria suami yang baik, hanya saja judul artikel sedikit diubah, namun dengan makna yang sama. Pada dasarnya, istri tetap mengharapkan pemimpin rumah tangga terbaik untuknya. Berikut adalah kriteria suami yang diharapkan Istri:

senang

1. Bertanggung Jawab

Maksud dari tanggung jawab disini adalah mau menafkahi istri, sebagaimana kewajiban suami. Bukan malah menyuruh istri menjadi tulang punggung keluarga sedangkan ia bermalas-maasan.

Khadijah r.ha. diriwayatkan telah membuka isi hati kepada suaminya dengan ucapan: “Wahai Al-Amiin, bergembiralah! Semua harta kekayaan ini baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak, yang terdiri dari bangunan-bangunan, rumah-rumah, barang-barang dagangan, hamba-hamba sahaya adalah menjadi milikmu. Kamu bebas membelanjakannya ke jalan mana yang kamu redhoi !”

2. Berasal dari keturunan yang baik

Memiliki sejarah keturunan keluarga yang baik, sehat ( tidak berpenyakit keturunan yang membahayakan), menghormati orang tua, serta rajin beribadah. Pilihlah yang baik agamanya, walaupun terletak sedikit kekurangan padanya. Hal ini lebih baik, karena agama yang baik akan menyelamatkanmu kelak.

Firman Allah سبحانه وتعالى:

“Sesungguhnya semulia-mulia kamu di sisi Allah ialah orang yang lebih taqwanya di antara kamu. Bahawasanya Allah Maha Mengetahui, lagi Maha Mendalam PengetahuanNya (akan keadaan dan amalan kamu).” (Surah Al-Hujuraat 49: Ayat 13)

Nah, itu tadi kriteria suami yang baik. Sebenarnya masih banyak kriteria suami baik lainnya. Akan tetapi, secara garis besar ketujuh kriteria tersebut sudah mewakili. Selain mendambakan suami yang baik, hendaknya seorang istri juga menjadi istri yang baik. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT “Perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik, begitu sebaliknya”.

author