Tahap literasi membaca dan menulis anak usia 6 tahun ke atas

Sebelumnya telah kita bahas tahapan literasi membaca dan menulis pada anak di usia hingga 6 tahun. Berikut adalah kelanjutan tahapan literasi membaca dan berhitung anak usia 6 tahun ke atas:

belajar1

Usia 6-7 tahun: Belajar membaca dan menulis
Ini adalah usia ketika anak memasuki tahun pertama di Sekolah Dasar. Pada usia ini, membaca telah diajarkan. Anak sudah mampu membaca dengan tanpa mengeja dan mulai membaca sendiri buku-buku sederhana. Oleh karena itu, banyak mengediakan buku-buku cerita menarik dan bergambar dapat merangsang keinginan anak untuk terus belajar membaca. Anak juga sudah mampu menulis dengan baik, serta menuliskan apa yang peenah ia baca.

Usia 7-8 tahun: Belajar membaca tingkat lanjut
Seirng banyaknya membaca, kali ini kosakata anak sudah meningkat pesat. Anak sudah lancar membaca dan dapat mempergunakan eks[resi ketika membaca. Pada cerita, anak sudah mempu mengidentifikasi tokoh, setting, dan peristiwa-peristiwa di dalamnya.

Usia 8 tahun ke atas
Setelah usia 8 tahun anak sudah lancar membaca dan mulai membaca banyak buku yang ia sukai baik saat pelajaran maupun diluar pelajaran. Pengetahuannya akan lingkungan sekitar pun sudajh meningkat. Anak mulai mengerti bacaan-bacaan fiksi dan non-fiksi di usia remaja.
Jika anak tidak memenuhi perkembangan literasi pada usianya, maka Bunda perlu waspada. Biasa jadi, anak mengalami keterlambatan belajar. Selain literasi membaca dan menulis, ada juga tahapan literasi menghitung pada anak sesuai dengan usianya.

 

author