Tahap Penting Perkembangan Pada Bayi

No comment 759 views

Apakah Bunda tahu bahwa gerakan bayi baru didominasi oleh gerakan refleks? Ya, usia 1-2 bulan bayi didominasi dengan gerak refleks. Tetapi diusia 2 bulan sistem saraf pada bayi berkembang sehingga gerakan refleksnya berkurang dan kemampuan kognitif serta sosial bayi berkembang pesat.

Tahap Penting Perkembangan Pada Bayi Anda

Tahap Penting Perkembangan Pada Bayi Anda

Inilah Tahap Perkembangan Penting Bayi Anda :

1. Usia 3-4 Bulan
Usia 3-4 bulan mulai terlihat dapat tengkurap. Bagaimana ini bisa terjadi?
Diusia ini, bayi berhasil bertumpu pada perutnya dan beberapa saat dapat bertahan pada posisi ini. Diawali dengan memiringkan ke kanan dan ke kiri, si bayi belajar berguling di usia 1,5-2 bulan. Otot lehernya semakin kuat di usia 3-4 bulan, ia dapat berbaring memandang lurus ke depan. Ia juga berlatih berguling dan menangkat kepalanya dalam posisi tengkurap. Dan di usia 5 bulan baru ia bisa tengkurap sendiri.

2. Usia 4 Bulan
Bayi mulai bisa mengtrol gerakan kepala dan lehernya pada usia 2 bulan. Pada usia 4 bulan, bayi bisa mengangkat kepalanya dan membentuk sudut 90º saat tengkurap. Kemampuannya ini membantu melatih ketajaman penglihatannya. Untuk mendengar suara Bunda, ia pun mulai belajar menengadahkan kepalanya.

3. Usia 4-5 Bulan
Pada usia 4-5 bulan, Bunda akan mulai mendengar suara kegembiraan dari si kecil. Ia akan berteriak dengan gembira saat berhasil mencapai keinginannya. Si kecil sangat senang saat masa berbicaranya datang. Perhatikan celotehnya setiap si kecil melakukan aktivitasnya sehari-hari.

4. Usia 7-8 Bulan
Saat si kecil berusia 7-8 bulan, jari-jemari si kecil makin meningkat ketrampilannya. Si kecil mulai menggunakan kedua tangannya untuk memegang benda-benda apa saja yang ada disekitarnya. Misalnya ada dua buah mainan. Satu mainan robot-robotan, dan satunya lagi mainan mobil-mobilan. Hadapkan pada si kecil, ia akan memainkan kedua mainan tersebut. Selain memegang dua benda ditangan, si kecil juga bisa duduk, merangkak dan makan sendiri.

5. Usia 9-12 Bulan
Nah, pada saat usia ini, si kecil sudah mulai mengenal keluarganya sendiri. Ia juga mulai merasa takut saat melihat orang yang tidak ia kenal. Dari sini ia mulai berkenalan dan belajar akrab bersama orang-orang terdekatnya, termasuk Bunda.

6. Usia 12-13 Bulan
Pada usia 11 bulan, si kecil belajar berdiri sendiri tanpa bantuan karena ia memang sudah pandai menjaga keseimbangan tubuh, walaupun hanya berdiri sekitar 2 detik. Lalu ia mulai belajar melangkah meskipun hanya beberapa langkah saja. Dan, hupla! Ia telah siap berjalan di usia 12 bulan.

7. Usia 18-24 Bulan
Rata-rata si kecil lancar berbicara pada usia 2 tahun. Biasanya, ia mengawalinya dengan berbicara kata “mama”. Sejak saat itu, si kecil akan berusaha untuk mengikuti apa saja pembicaraan yang didengarnya, termasuk kata-kata yang terucap dari mulut Bunda.

Nah, semoga Tahap Penting Perkembangan Pada Bayi ini bermanfaat bagi Bunda :)

author