Tahapan Perkembangan Bahasa Anak Hingga 6 Tahun

No comment 1182 views

Tahapan perkembangan bahasa anak merupakan salah satu hal yang harus kita perhatikan dengan sangat baik. Tentu saja mengasyikkan melihat bagaimana seorang anak mampu bekembang dengan baik dan kemudian berceloteh dari waktu ke waktu. Ini merupakan hal yang membahagiakan dan tidak boleh terlewatkan pada orang tua manapun. Di bawah ini, kami memberikan sebuah informasi mengenai tahapan perkembangan bahasa anak hingga usia 6 tahun.

Usia 3 hingga 12 bulan

Seorang anak telah mampu tertawa, bermain, dan melakukan komunikasi melalui gerakan. Anak juga mengoceh dengan kata-kata cukup lucu dan menggemaskan. Bagi beberapa anak, kata-kata yang sudah cukup jelas mulai tampak pada usia 12 bulan.

Usia 12 hingga 18 bulan

Pada usia ini, banyak kata-kata yang muncul dengan jumlah sekitar 50 kata. Bayi dapat memahami apa yang anda katakana dan terkadang anda perlu sedikit petunjuk penekanan agar mereka mampu mengkuti arahan yang anda lakukan. Jika bayi anda tidak menggunakan gerakan, dan berbicara pada umum 12 bulan, maka sangat penting untuk menghubungi dokter dan menanyakan masalah tersebut.

Usia 18 bulan hingga 2 tahun

Pada tahun kedua, kosakata seorang bayi mulai beragam dan mencapai hingga 300 kata. Dia bahkan mampu untuk menempatkan dua atau lebih kata dan kemudian menjadikannya kalimat pendek. Dia juga lebih banyak mengerti tentang kemauan dan apa yang anda katakana kepadanya. Perkembangan seorang bayi dalam periode ini juga sangat bervariasi.

Usia 2 hingga 3 tahun

Pada usia ini, seorang anak mampu berada dalam percakapan yang jauh lebih lama, lebih abstrak, dan juga lebih kompleks. Dia juga mampu berbicara dalam banyak topik, dan kosakata yang ia miliki juga akan terus tumbuh dari waktu ke waktu.

Usia 5 hingga 6 tahun

Selama tahun-tahun awal sekolah, anak Anda akan belajar lebih banyak kata dan mulai untuk memahami bagaimana suara dan telah mampu bekerja sama. Dia juga akan menjadi pendongeng yang lebih baik, karena dia belajar untuk menempatkan kata-kata bersama-sama dalam berbagai cara dan membangun berbagai jenis kalimat.

Itulah tahapan perkembangan bahasa anak hingga usia 6 tahun.

author