Tahapan Perkembangan Janin dalam Kandungan

No comment 429 views

Tahapan perkembangan janin dalam kandungan merupakan sebuah proses yang mendebarkan dan banyak ibu hamil yang bertanya-tanya mengenai hal ini. Ketika seorang ibu sedang mengandung bayinya, maka ia banyak bertanya dan menduga kira-kira apa yang terjadi di dalam perut dan bagaimana bayinya berkembang. Kami, secara langsung akan memberikan anda beragam tahapan mengenai perkembangan janin di dalam kandungan.

Bulan pertama

Pada bulan pertama, anda baru menduga dan mengetahui bahwa anda sedang mengandung yaitu saat minggu ketiga. Silakan lakukan tes kehamilan pada minggu ini dan apabila hasilnya positif, maka anda sedang hamil. Payudara akan terasa lebih lunak namun perut belum terlihat membesar. Di dalamnya, bayi anda masih sangat kecil yaitu seukuran satu butir beras.

Bulan kedua

Pada akhir bulan kedua, tubuh seorang ibu belum mengalami perubahan yang berarti. Kendati demikian, ibu yang sedang mengandung biasanya lebih sering mengalami kesulitan buang air besar karena hormone progesteron yang meningkat. Di dalam tubuh sang ibu, janin sudah memasuki ukuran 2,55 cm dengan berat antara 9 hingga 10 gram. Meskipun ukuran tubuh bayi masih sangat kecil, namun beberapa organ seperti kaki, bahu, lengan, dan telinga sudah mulai terbentuk.

Bulan ketiga

Tepatnya di minggu kesebelas, anda telah mendapatkan kelegaan karena bisa mengurangi frekuensi mual serta muntah. Risiko bayi yang mengalami keguguran juga telah berkurang ketika anda telah melalui masa di bulan ketiga. Bayi anda akan berukuran 7,6 hingga 10 cm. sedangkan, berat bayi adalah 28 gram. Di dalam waktu dekat ini, bayi anda akan mendapatkan sistem sirkulasi dan kandung kemih yang telah mulai bekerja. Juga, hati sudah mampu menghasilkan empedu.

Bulan keempat

Pada minggu kelima belas, bayi anda masih mempunyai kelopak mata yang tertutup. Kendati demikian, hal yang membahagiakan adalah, ia mampu mendengarkan suara detak jantung anda dan mendengarkan suara perut anda. ukurannya cukup besar yaitu 15,4 cm dan mempunyai berat sekitar 113 gram.

Itulah tahapan perkembangan janin dalam kandungan hingga bulan keempat.

author