Tahukah Anda? Anak Nakal Itu Cenderung Lebih Pintar

Orang tua kadang suka kesal atau marah-marah jika melihat anaknya selalu membuat masalah atau nakal. namun para psikolog mengatakan bahwa anak yang nakal adalah anak yang cerdas.

jika melihat tingkah laku anak nakal yang hiperaktif dan tidak pernah bisa diam. Alasannya adalah karena mereka sulit diatur dan suka melakukan perbuatan yang kadangkala merepotkan orang lain. Selain itu anak nakal seperti ini juga sering melanggar aturan di sekolah, rumah atau lingkungan tempatnya bermain. Dan yang membuat hati makin jengkel adalah dia juga berani melawan jika dimarahi atau diberi tahu agar tidak melakukan hal-hal yang diluar kebiasaan.

Namun pada sisi yang lain, anak nakal seperti ini biasanya juga bisa menjadi anak cerdas. Mereka lebih berani mengemukakan suatu pendapat dan ide baru yang ada dibenaknya. Jika ada sesuatu yang kurang berkenan, tanpa basa-basi dia akan menyatakan tidak setuju tapi disertai dengan alasan atau argumen yang kuat.

Jadi tindakan anak nakal tersebut bukan merupakan suatu bentuk kekurang ajaran atau pembangkangan, namun karena dia memang punya kemampuan olah pikir yang lebih kritis dibanding dengan teman-temannya yang lain. Cara dia memandang suatu masalah bukan hanya sekedar dari satu sisi saja, namun juga dilihat dari beberapa sudut yang lain.

Selain itu anak nakal ini juga punya sifat yang lebih berani, jujur dan tidak mudah menyerah. Jika melakukan kesalahan dia tidak merasa segan untuk meminta maaf kepada orang lain. Kemudian bila ingin mendapatkan sesuatu, anak cerdas akan terus berusaha dengan keras hingga apa yang menjadi keinginannya bisa tercapai. Untuk mendidik anak cerdas yang punya sifat seperti ini perlu kiat-kiat khusus agar mereka bisa berhasil ketika harus menjalani kehidupan di masa dewasanya nanti. Yang paling penting adalah selalu memberi arahan agar bentuk kenakalannya tersebut bisa disalurkan pada hal-hal yang positif.

Selain itu mendidik anak nakal namun cerdas, tidak bisa menggunakan kekerasan apalagi secara fisik. Mereka justru akan makin nakal dan melakukan perlawanan jika dilarang melakukan suatu kegiatan yang dianggapnya benar. Misalnya dia suka bermain dengan lumpur yang kotor, maka ajarilah dia membuat barang kerajinan yang bahannya menggunakan lumpur atau tanah liat yang baik. Siapa tahu dari sini dia bisa menjadi seniman pembuat patung yang sukses dan punya nama besar.

********

Sumber: wordpres.com

author