Takaran Asi Bayi

No comment 4791 views

6 bulan pertama awal kehidupan bayi, ia hanya memerlukan ASI sebagai asupan untuk memenuhi kebutuhan energi dan nutrisinya.

ASI mengandung banyak antibodi dan sel darah putih yg sangat membantu melindungi bayi dari berbagai infeksi. Selain itu, ASI jg kaya akan Omega 3 (asam lemak yg sangat penting utk perkembangan otak)

Penelitian terakhir membuktikan bahwa bayi yg diberi ASI mempunyai IQ lebih tinggi dr bayi yg diberi susu formula. Penelitian juga membuktikan bahwa memberikan ASI selama 13 minggu atau lebih mengurangi bayi dari resiko gastroenteritis dan infeksi pernafasan.

Pemberian ASI juga dapat memperlambat / mengurangi terjadinya alergi pada anak2. Terutama bagi mereka yg memiliki sejarah alergi di keluarganya seperti asma, heyfever, eksim dan alergi makanan.

Kolostrum pada ASI yg dihasilkan di hari2 pertama adalah sumber antibodi yg sangat penting bagi bayi. Disinilah pentingnya pemberian ASI bagi bayi.

Takaran ASI/Susu

Antara usia 4 – 6 bln bayi hrs medapat minimum 600 ml ASI atau susu formula setiap hari. Untuk ASI, berikan sesering mungkin dan kapanpun anak menginginkanya.

Sampai usia 6 bln, berikan hanya ASI saja. Jangan memberikan minuman seperti jus atau yg lainnya pada bayi, karena ASI saja sudah cukup untuk memenuhi asupan cairan yg dibutuhkan tubuhnya.

bayibalita.blogspot.com

author