Tanda Dan Gejala Penyakit Asma Pada Anak

No comment 454 views

Ada banyak tanda dan gejala penyakit asma pada anak yang harus diketahui oleh orang tua. Asma merupakan salah satu kondisi gangguan kesehatan yang umum terjadi. Ketika seorang anak menderita asma, maka ia tidak mampu untuk menyerap oksigen secara optimal sehingga sel-sel yang ada di dalam tubuh tidak mendapatkan oksigen yang seharusnya dibutuhkan. Di bawah ini, terdapat beragam gejala asma yang bisa terjadi pada anak anda dan sudah barang tentu harus diwaspadai.

Kesulitan bernafas. Merupakan salah satu gejala yang banyak terjadi dan biasanya disertai dengan nafas yang terengah-engah setelah melakukan aktivitas tertentu dan padahal tidak terlalu berat.

Sering batuk. Anak bisa menderita batuk sebagai bagian dari penyakit asma yang ia derita. Batuk merupakan tanda bahwa terdapat sesuatu yang salah pada paru-paru anak dan saluran pernafasan yang ia miliki.

Dada anak yang sesak. Kondisi dada seorang anak yang sesak menunjukkan bahwa ada semacam tekanan dan rasa sakit yang timbul di daerah tersebut. Anak akan sulit bernafas dan dada mereka seperti tertimpa sesuatu padahal tidak.

Cepat lelah. Nafas yang terengah-engah dan dada yang sesak merupakan sebuah kombinasi yang menyebabkan anak cepat merasa lelah.

Susah tidur. Anak yang ditandai dengan gejala asma, akan mendapatkan dirinya susah tidur dan kemudian mempunyai kondisi tubuh yang lesu pada keesokan harinya.

Infeksi pernafasan. Penderita asma juga biasanya ditandai dengan serangan batuk atau mengi yang memburuk dengan bermuara infeksi pernapasan, seperti pilek atau flu.

Kapan anda harus membawa anak ke dokter?

Anda disarankan untuk membawa anak pergi ke dokter secapat mungkin setalah ada kecurigaan bahwa anak terkena asma. Pengobatan secara dini tidak hanya mampu mengontrol gejala asma namun juga mampu mencegah hal-hal buruk seperti serangan asma terjadi. Jika anak Anda didiagnosis dengan asma, maka buat rencana mengenai tindakan-tindakan yang dapat membantu Anda dan pengasuh lainnya memantau gejala dan tahu apa yang harus dilakukan jika serangan asma terjadi.

Itulah beragam tanda dan gejala penyakit asma serta bagaimana anda mampu menanganinya.

author