Tanda Lahir Pada Bayi Apakah Bisa Hilang?

No comment 817 views

Tanda lahir atau istilahnya hemangioma adalah kumpulan pembuluh darah yang melebar dan terjadi di bawah permukaan kulit. Umumnya, secara kasat mata akan terdapat tonjolan merah kebiruan pada bagian tertentu. Adapun perubahan yang terjadi pada kulit tersebut akan nampak sesaat setelah bayi lahir atau malah justru timbul di dalam empat minggu pertama.

Secara medis, tidak diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebabnya terlebih tanda lahir pada bayi ini juga bisa terjadi di hati, kelenjar pankreas atau limpa. Walau, untuk kondisi yang terakhir ini sangat jarang terjadi bahkan cenderung langka. Nah, yang menjadi persoalan adalah tanda lahir pada bayi apakah bisa hilang?

tanda lahir pada bayi apakah bisa hilangSecara fakta, tanda lahir ini bisa hilang seiring dengan waktu pertumbuhan si kecil, namun ada juga terdapat di beberapa kasus dimana tanda ini tetap bertahan dan bertambah terang. Adapun tanda ini disebabkan oleh pembuluh darah yang memproduksi ekstra pigmen yang tumbuh dengan tidak normal.

Ada beberapa tanda lahir yang memang patut diwaspadai jika berbentuk seperti :

Hemangiomas Cekungan

Tanda ini ada saat lahir dan berada di bawah kulit sebagai massa spon kebiruan. Benjolan akan terasa lembut jika ditekan karena mengandung jaringan yang berisi darah. Cekungan yang muncul di kepala atau leher akan hilang saat memasuki masa pubertas.

Titik Cafe-Au-Lait

Bentuknya oval dengan warna terang namun agak kecoklatan. Umumnya, tanda ini terdapat di bagian pinggang, pantat dan akan semakin gelap  seiring dengan bertambahnya usia anak. Meskipun tidak berbahaya, namun jika semakin membesar sebaiknya konsultasi dengan dokter.

Dengan dua tanda diatas yang umumnya sangat jarang terjadi, para ibu tak perlu khawatir akan tanda lahir ini karena sebagian besar tidak berbahaya dan tidak menyakitkan. Pendarahan yang sering ditakutkan pun sangat jarang terjadi sehingga terapi pun tidak diperlukan. Namun, jika masih ragu dan panik, sebaiknya para orang tua melakukan pemeriksaan ke dokter ahli guna mendapatkan saran medis. Diharapkan, dengan penjelasan singkat ini akan diketahui tanda lahir pada bayi apakah bisa hilang atau tidak.

author