Tanda-tanda Bayi Sudah Kenyang

No comment 745 views

Mengetahui perkembangan bayi memang sangat menyenangkan karena berbagai tingkah lucu akan membuat seluruh keluarga tersenyum. Terlebih bagi ibu yang selalu setia menemani pertumbuhannya dengan cara melakukan beberapa hal. Tujuannya pasti, agar si kecil dapat tumbuh dengan sehat dan cerdas. Nah, salah satu hal yang harus diketahui adalah saat memberi makan pada bayi.

Tidak sedikit para ibu yang kurang mengetahui secara pasti tentang tanda-tanda bayi sudah kenyang. Alhasil, bayi sering mengeluarkan kembali makanan atau minuman yang diberi yang pada akhirnya bisa membuat perutnya kembali kosong. Apa saja tanda-tanda tersebut? Yuk, kita bahas satu persatu di dalam artikel ini.

bayi sudah kenyangSaat bayi menyusui misalnya maka bayi akan menunjukkan tanda jika ia sudah kenyang melalui tingkahnya untuk melepas puting susu dari mulutnya. Selain itu, bayi akan mulai menyusu dengan lebih pelan atau lambat. Kemudian, perut bayi akan terasa lebih lentur atau tidak tegang lagi. Walau ada juga bayi yang tidak melepas puting susu karena ia merasa nyaman, namun ibu bisa melihat dari nyenyaknya ia terlelap.

Kemudian, tanda-tanda bayi sudah kenyang lainnya adalah melakukan aktifitas buang air kecil sebanyak enam kali sehari. Begitu juga dengan buang air besarnya setidaknya empat kali dalam sehari. Adapun proses ini berlangsung juga menandakan bahwa kualitas ASI dan makanan yang diberikan benar-benar baik dan sehat.

Bayi Sudah Kenyang Masih Mau Mengunyah?

Tidak sedikit para ibu yang merasa bingung tatkala si kecil masih terus melahap makanan yang diberikan padahal sudah dalam jumlah yang tepat. Adapun kondisi ini terjadi bisa jadi karena asupan makanannya masih berkurang seperti kandungan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan.

Protein, karbohidrat, vitamin, mikronutrigen seperti zat besi, seng, fosfor, magnesium, vitamin A dan kalisum adalah beberapa formula yang harus ada pada makanan tersebut. selain itu, proses pengolahannya juga harus diperhatikan seperti tidak menggunakan bahan penyedap atau MSG namun tidak mengabaikan rasa agar si kecil dapat belajar merasakan jenis makanan. Jadi, tidak sulit mengetahui bayi sudah kenyang kan bunda?

author