Teknik Mengatasi Sakit Mata Pada Bayi

No comment 717 views

Mata merupakan sebuah organ penting yang harus selalu dujaga dan tidak boleh sama sekali diabaikan. Ini adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mentransformasikan elemen pikiran ke dalam sisi visual yang Anda miliki. Ketika mata mengalami gangguan, maka akan sangat sulit untuk mengatasinya dan dapat berakibat fatal. Terutama apabila hal ini terjadi pada bayi, tentu saja sangat membingungkan bukan?

Sebuah bentuk sakit mata yang terjadi pada bayi Anda biasanya berupa belekan. Belek sendiri merupakan sebuah kotoran yang ada di mata dan mungkin saja bisa berisiko kepada penyakit atau gangguan penglihatan. Ada sebuah tahap yang masih dianggap wajar sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika menemuinya. Namun, pada tahap yang sudah tidak wajar, bisa jadi belekan tersebut disebabkan oleh penyumbatan saluran air mata bayi. Ketika saluran tersebut tersumbat, maka tidak ada lagi air mata yang menuju ke hidung sehingga akan keluar lewat mata secara terus-menerus. Jika dibiarkan, maka genangan air mara tersebut bisa menjadi sarang kuman dan penyebab infeksi.

Bagaimana cara mengatasinya?

Rata-rata, belekan yang terjadi pada bayi merupakan sebuah kondisi yang wajar dan dapat diterima. Jadi, pada awalnya Anda bisa mengusap air mata bayi dengan kain yang sangat lembut. Jangan menggunakan air hangat karena mata bayi sangat sensitive dan bisa mengalami iritasi.

Kemudian, apabila mata bayi Anda masih terus mengeluarkan belek dan air mata, maka kompres dengan air hangat. Cara ini dimaksudkan agar belek dapat segera lengket dan terangkat melalui kapas hangat tersebut. juga, perlu diketahui untuk tidak menggunakan obat pembersih mata karena bayi sangatlah sensitif.

Apabila kedua cara tersebut telah dilakukan dan bayi Anda masih mengalami gangguan mata selama 3 hari, maka sudah waktunya untuk membawa bayi ke dokter mata. Konsultasikan penyakit bayi Anda dan mulai terapkan cara-cara yang direkomendasikan oleh dokter.

Itulah beberapa langkah mengatasi sakit mata pada bayi yang semoga membantu Anda. Selamat mencoba.

author