Telinga Bayi Keluar Cairan? Jangan Anggap remeh!

Sebagai salah satu alat indra yang penting untuk pertumbuhan bayi, telinga harus selalu dijaga kebersihan dan kesehatannya. Dalam hal ini tentu peran ibu menjadi hal pokok yang harus benar – benar diperhatikan. Telinga merupakan organ tubuh bayi yang sangat rentan oleh gangguan kesehatan. Salah satu masalah yang seringkali dikeluhkan ibu berkenaan dengan telinga bayi ini adalah keluarnya cairan dari alat indra pendengaran tersebut.

kuping

Keluarnya cairan dari telinga bayi tentu tak boleh dianggap remeh dan harus segera dicari penyebabnya sehingga dapat segera diatasi. Keluarnya cairan dari dalam telinga anak mungkin dapat disebabkan oleh radang telinga tengah atau secara medis disebut Otitis Media (OM). Ada dua jenis OM yang umumnya menyerang bayi yang pertama adalah Otitis Media Effusion (OME) dan yang kedua adalah Otitis Media Acute.

Untuk jenis yang pertama, OME, biasanya terjadi pada bayi yang terserang flu yang menyebabkan hidungnya tersumbat. Hal ini kemudian menyebabkan tersumbatnya tuba eustachius atau bagian muara dari saluran yang menghubungkan rongga hidung dan telinga, sehingga menyebabkan pengeluaran cairan terganggu dan dapat masuk ke bagian telinga tengah.

Sedangkan untuk jenis kedua yakni OMA, merupakan radang telinga tengah yang akut, penyebabnya dapat berupa infeksi virus atau bakteri. Jenis kedua ini jauh lebih berbahaya dari jenis yang pertama.

Oleh karena masalah ini berhubungan dengan bagian dalam telinga, langkah paling tepat yang dapat dilakukan adalah dengan sesegera mungkin memeriksakan anak ke dokter THT atau dokter kusus anak. Dengan demikian akan dikatehui apa penyebab dan jenisnya dan segera dilakukan penanganan secara medis pada si kecil.

author