Temukan Penyebab Bayi Rewel Yang Wajib Diwaspadai

Bayi rewel memang membuat banyak orang tua kerap kebingungan untuk menghadapinya. Apalagi, jika alasannya terkadang tidak jelas bahkan disertai dengan amukan, menangis hingga berjam-jam dan yang lebih parahnya lagi sampai muntah. Duuh, kalau sudah begini tentu harus diambil tindakan biar si kecil nyaman dan para ibu juga tidak pusing sepanjang hari.

Sebenarnya, bayi menjadi rewel perlu disyukuri karena ia mampu menunjukkan ketidaknyamanan akan sesuatu. Bahkan, para pemerhati anak sekalipun beranggapan bahwa dengan menangis adalah cara mereka untuk menyampaikan keinginan dan maksudnya. Nah, sebelum mengambil langkah untuk menghadapinya, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya.

Bayi Rewel

Bayi Rewel Apa Penyebabnya?

Tidak mudah memang untuk menebak dengan pasti apa yang menjadi penyebab bayi rewel. Yang sering dijumpaia malahan, tangisan yang dilakukan tidak hanya sekedar memberitahukan “aku ngantuk” atau “aku lapar”, namun bisa saja disebabkan oleh faktor lain. Tentu, kepekaan para orang tua sangat berperan aktif disini sehingga diketahui apa yang menjadi faktor terjadinya tangisan atau tingkah rewel tersebut.

Ada beberapa hal yang menyebabkan bayi rewel seperti dijelaskan di bawah ini :

# Kelaparan
Tidak sedikit orang tua kerap memprediksi hal tersebut saat bayi rewel yang disertai dengan tangisan. Namun, agar dugaan ini benar, haruslah diketahui tanda-tanda kelaparan sebelumnya seperti memasukkan tangan ke mulut, memukul bibir atau menangis dengan kuat.

# Tidak Nyaman
Bayi rewel bisa disebabkan karena ketidaknyaman akan sesuatu seperti pakaian yang digunakan misalnya. Atau, bisa juga karena cuaca yang begitu panas sehingga mengeluarkan keringat sangat banyak.

# Kurang Enak Badan
Jika segala kebutuhan dasar si kecil sudah terpenuhi namun tetap juga menangis, bisa jadi tubuhnya sedang tidak enak badan. Periksalah suhu tubuhnya apakah ia mengalami demam dan kenali tanda munculnya penyakit lain.

Jadi, dengan mengetahui apa yang menjadi penyebabnya, maka para orang tua akan mengetahui secara pasti solusi apa yang harus dilakukan. Dengan begitu, bayi rewel bukanlah satu hal yang ditakuti atau pun ditebak.

author