Temulawak, Obat Tradisional Pereda Demam Anak

No comment 642 views

Temulawak atau yang dalam bahasa latin disebut Curcuma xanthorhiza Roxb merupakan tanaman dari keluarga rimpang. Tanaman ini umumnya dapat ditemukan dengan mudah di kebun – kebun daerah pedesaan atau juga dapat di budidayakan dengan pot.

Temulawak merupakan salah satu jenis tanaman obat tradisional yang memiliki banyak kasiat untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk menurunkan panas atau demam pada anak – anak. Hal ini dikarenakan temulawak memiliki kandungan berbagai zat aktif seperti alpha betha curcumena, germacrene, xanthorrhizol, dan lain sebagainya. Zat – zat ini berfungsi sebagai anti peradangan (anti – inflamasi), antibiotic, dan membantu meningkatkan produksi serta sekresi empedu. Perlu Anda ketahui demam yang terjadi pada anak dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari akibat infeksi bakteri atau virus, terjadinya peradangan dalam tubuh, hingga perubahan cuaca yang ekstrem.

Lantas bagaimana cara memanfaatkan tanaman temulawak untuk mengatasi demam anak? Berikut ulasannya.

temulawak

Resep temulawak sebagai obat penurun panas tradisional

Bahan:

  • 10 gram temulawak
  • 2 sdm madu murni
  • 100ml air panas

Cara membuat:

  1. Cuci bersih temu lawak yang telah disiapkan.
  2. Kemudian parut hingga halus dan campurkan 100 ml air panas, aduk hingga tercampur rata. Diamkan sesaat hingga dingin.
  3. Selanjutnya peras dengan menggunakan kain bersih untuk mendapatkan sari temu lawaknya.
  4. Tambahkan 2 sdm madu murni lalu kembali aduk hingga rata.
  5. Setelah itu bagi rata menjadi tiga bagian dan minumkan 3 kali sehari, dengan 1/3 bagian sekali minum.
author