Terapi Medis Penyakit Kuning

No comment 510 views

Mengenali tanda-tanda dari penyakit yang diderita Si buah hati memang bukan hal yang mudah untuk sebagian Ibu. Padahal, jika telat dalam mendiaknosa dan memberikan pertolongan, beberapa penyakit akan berbahaya bagi Si Kecil, termasuk penyakit kuning. Sebenarnya Bunda dapat mencurigai jika Si buah hati terjangkit penyakit ini dengan melihat perubahan warna kulit atau bagian putih dari mata (sklera) yang menjadi kuning.

tidur

Penyakit kuning secara fisiologis sebenarnya dapat dicegah, yaitu dengan memberi bayi cukup minum, lebih baik lagi jika diberi ASI. Akan tetapi, bagaimana jika bayi terlanjur menderita penyakit kuning? Langkah pertama (jika penyakit belum parah), ada cara menangani penyakit kuning bayi di rumah. Lantas bagaimana jika terlanjur parah? Cara terbaik adalah dengan penanganan medis penyakit kuning, sebagai berikut:

  • Pertama-tama dokter akan memutuskan untuk melakukan terapi sinar (phototeraphy) untuk bayi berpenyakit kuning dengan berbagai pertimbangan antara lain nilai kadar bilirubin dan usia kelahiran bayi. Bayi akan ditempatkan dibawah sinar yang mampumenembus tubuh dan mengubah bilirubin menjadi lumirubin yang mudah diubah oleh bayi. Saat terapi, mata bayi harus dilindungi.
  • Bayi akan ditempatkan pada selimut fiber optic atau terapi sinar ganda/triple akan dilakukan (double/triple light therapy) jika terapi sinar standar tidak berhasil.
  • Jika keduanya tidak berhasil, dalam keadaan darurat akan diadakan tranfusi tukar, yaitu penggantian darah bayi dengan darah donor. Proses ini harus dilengkapi dengan peralatan yang memadai.

author