Terjebak Oleh Keinginan

No comment 486 views

Di Afrika ada cara yang unik untuk menangkap monyet, dan cara itu memungkinkan mereka untuk menangkap monyet dalam keadaan hidup, tak cedera, agar bisa dijadikan hewan percobaan atau untuk dipakai sebagai binatang Sirkus.

Untuk itu Sang pemburu monyet, akan menggunakan sebuah toples berleher panjang dan sempit, dan menanamnya di dalam tanah. Toples kaca itu sudah diisi dengan berbagai jenis kacang-kacangan, ditambah dengan aroma yang kuat dari bahan-bahan yang disukai monyet-monyet Afrika. Mereka meletakkannya di sore hari dan mengikat (menanam) toples itu erat-erat ke dalam tanah. Pada keesokan harinya biasanya mereka akan menemukan beberapa monyet yang terperangkap, dengan tangan yang sedang terjulur ke dalam botol yang dijadikan jebakan/ perangkap.

 

Mengapa demikian? Tentu dapat ditebak mengapa hal itu terjadi. Monyet-monyet itu tak rela melepaskan tangannya sebelum mendapatkan kacang-kacang yang diinginkannya. Biasanya mereka sangat tertarik pada aroma yang keluar dari setiap toples, lalu mengamati, menjulurkan tangan kemudian ingin mengambil sebanyak-banyaknya, dan akhirnya terjebak. Anehnya monyet itu, tak akan mau melepaskan tangannya dari toples, sebelum ia mendapatkan kacang yang sudah digenggamnya. Maka selama ia tetap ingin mempertahankan kacang-kacang itu, selama itu pula ia terjebak. Ketika pemburu-pemburu itu datang pun monyet itu tak mau pergi atau melepaskan kacang-kancang di tangan mereka, sampai akhirnya mereka tertangkap.

Mungkin kita tertawa dengan tingkah laku monyet tersebut. Atau jadi terbahak-bahak melihat kebodohan monyet yang terperangkap dalam toples. Namun sesungguhnya, manusia pun sering mengalami hal yang serupa dengan seringnya manusia terperangkap dalam dosa, karena kita tidak rela dan tidak mau melepaskan keinginan-keinginan dosa,  kesenangan-kesenangan, yang dapat menjerumuskan kita dalam dosa sehingga kita terperangkap dan terjerumus lebih jauh.

Jika Anda tersentuh dengan cerita di atas, tolong “share” cerita ini ke teman-teman yang lain agar mereka juga dapat memetik hikmah yang ada pada cerita di atas. Semoga dapat bermanfaat bagi kehidupan kita, terimakasih.

[Sumber: Hot Illustrations fot Youth Talks].

author