Tindakan yang dilakukan ketika Anak Mengalami Demam Penyakit Campak

Imunisasi berarti memasukkan vaksin (virus yag telah dilemahkan) ke dalam tubuh. Vaksin tersebut sangat besar kemungkinannya dianggap sebagai bensda asing dalam tubuh. Padahal, tbuh manusia dilengkapi dengan antibodi. Antibodi ini nanti akan melakukan perkawanan dengan benda asing yang masuk dan mengakibatkan suatu efek samping dalam tubuh.

Vakisn campak juga merupakan imunisasi yang wajib diberikan pada anak usia 6 bulan-9 bulan. Sama hal nya dengan vaksin lain, vaksin campak yang dimasukkan dalam tubuh, besar kemungkinan akan menimbulkan perlawanan dari pasukan antibodi. Oleh karena itu, akan timbul gejala seperti demam dan kulit memerah pasca campak.

demam

Dalam artikel sebelumnya telah dijelakan mengenai apakah demam setelah imunisasi campak ini wajar? Lalu dalam artikel ini, kita akan membahas cara menangani anak yang mengalami demam pasca imunisasi campak, sebagai berikut:

  1. Bila Bunda merasa si kecil badannya agak panas, ukurlah dengan termometer untuk lebih memastikannya.
  2. Bila suhu ≥380 C (atau artinya anak sedang demam) segera kompres anak dengan menggunakan air biasa atau air hangat.
  3. Untuk mengurangi anak merasa kepanasan, kenakan pakaian yang tipis
  4. Atur supaya sirkulasi udara di ruangan / kamar bagus
  5. Ketiak dan selangkangan juga merupakan daerah yang perlu dikompres.
  6. Bila upaya-upaya tersebut telah dilakukan namun tidak memberikan perubahan, atau anak semakin demam, maka secepatnya segera hubungi dokter terdekat.

author