Tips Agar Anak Belajar Berbagi

No comment 1019 views

Manusia adalah makhluk sosial dimana berinteraksi dengan manusia lain adalah sebuah kebutuhan. Adapun konsep berbagi ini sebaiknya diajarkan sejak anak masih usia dini agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu dilakukan di dalam rumah maupun lingkungan sekitar. Persoalannya adalah bagaimana mengenalkan konsep anak belajar berbagi?

Meskipun pada awalnya banyak para orang tua yang merasa kesulitan dalam melakukannya karena pada dasarnya memang anak sangat pelit dalam memberikan sesuatu. Namun jika dibarengi dengan disiplin serta komitmen yang tinggi percayalah akan menunjukkan hasil yang diinginkan. Berikut ini beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan kepada anak seperti :

Memulai Dari Orang Tua

anak belajar berbagiAnak belajar berbagi bisa dimulai dari orang tua yang meminjamkan mainannya. Walau pada awalnya ia menolak, katakana bahwa sesaat setelah selesai akan segera dikembalikan. Lakukan dengan halus dan jangan ada paksaan karena akan membuat ia semakin sulit untuk memberi.

Lakukan Interaksi Dengan Teman

Bermain di sebuah taman yang pastinya akan bertemu dengan anak-anak lain akan membuat ia belajar. Perlahan ia akan mengerti bahwa tidak semua permainan yang ada menjadi miliknya sendiri namun setiap anak berhak untuk mendapatkan giliran menggunakannya.

Memberi Batasan Waktu

Meskipun mainan yang dimiliki adalah kepunyaannya, namun beri batasan waktu untuk menggunakannya. Ibu dapat berkata hanya dapat dimainkan selama 10 menit saja, setelah itu harus diberikan kepada temannya misalnya. Pola ini mengajarkan bahwa meskipun digunakan oleh orang lain, namun si kecil berkeyakinan bahwa permainannya akan segera kembali.

Tetap Bersikap Tegas

Tidak sedikit orang tua yang kurang bisa melakukan hal ini dikarenakan rasa sayang yang terlalu berlebihan. Artinya, jika semua pola telah dilakukan, ada baiknya tindakan tegas dilakukan namun bukan berarti marah-marah atau melakukan tindakan fisik. Adapun tindakan tersebut adalah tetap melakukan apa yang seharusnya dilakukan meski si kecil menangis atau berteriak.

Mengajarkan pola berbagi menjadi sangat penting agar anak dapat menngadaptasi lingkungan dengan mudah. Secara psikis juga sangat berpengaruh untuk tidak menciptakan sifat egoisme yang tinggi. Jadi, segera terapkan pendidikan anak belajar berbagi sekarang juga.

author