Tips Agar Keluarga Tetap Harmonis

No comment 1360 views

Keluarga harmonis adalah keluarga yang mampu mengakrapkan diri satu sama lain. Untuk meningkatkan keakaraban anda bersama keluarga tercinta butuh pengetahuan apa saja yang harus di lakukan. berikut ini ada tips yang bisa anda coba untuk keluarga lebih dekat satu sama lainnya.

1. Makan malam bersama

Makan malam bersama di meja makan memang sederhana, namun ampuh untuk menghangatkan hubungan keluarga. Anda dapat saling berbagi cerita mengenai hari ini, tentang PR anak, teman-teman bermainnya, atau tentang pekerjaan pasangan di kantor.

Makan malam bersama tak hanya dapat dilakukan di meja makan. Kebersamaan dan kehangatan keluarga menjadi yang paling utama dalam aktivitas ini.

Acara makan malam sebaiknya dihindarkan dari hal-hal yang dapat mengalihkan perhatian, seperti televisi atau ponsel.

2. Memasak bersama

Memasak bersama menjadi ide bagus untuk kegiatan berakhir pekan. Anda dapat mengajarkan resep-resep favoritnya atau menu sederhana yang dapat dicobanya sendiri.

Memasak juga dapat melatih kemampuan sensorik anak, seperti saat membuat kue, misalnya. Mencetak kue, menggulung adonan, atau membentuk kue dengan tangan dapat melatih kinerja otaknya.

Hati-hati, moms. Selalu dampingi anak saat di dapur, ya.

3. “I Love You”

Selalu ungkapkan kasih sayang Anda dengan sikap maupun kata-kata. Ucapkan rasa sayang Anda kapanpun, saat si kecil bangun tidur, sebelum berangkat sekolah, hingga si buah hati kembali terlelap.

Anda juga dapat menyisipkan ungkapan cinta Anda melalui catatan kecil yang diselipkan di tas, di kotak bekal, atau di samping tempat tidurnya.

4. Beri dukungan

Sebentar lagi ujian sekolah? Buatkan si kecil makanan-makanan favoritnya yang dapat disantapnya sambil belajar. Atur suasana rumah agar selalu tenang dan tidak mengganggu konsentrasinya. Ajak anggota keluarga lain untuk menjaga kondisi rumah untuk tetap kondusif agar si kecil dapat belajar dengan tenang.

Begitu pula jika anak atau pasangan ditimpa masalah. Dengarkan keluh-kesahnya dan beri dukungan agar mereka selalu semangat menuntaskan persoalannya. Cara sederhana untuk meredakan masalah? Beri saja pelukan hangat.

5. Buat ritual keluarga

Melakukan aktivitas yang sama untuk jangka waktu tertentu, dapat menyatukan seluruh anggota keluarga. Nonton DVD saban malam Minggu, misalnya. Kegiatan yang dilakukan terus-menerus akan menimbulkan kerinduan tersendiri saat ritual itu hilang atau ada anggota keluarga yang absen.

6. Dengarkan

Setiap orang ingin didengar pendapatnya. Selalu sediakan waktu untuk mendengar keluh-kesah dan pendapat yang hadir di benak si kecil dan pasangan. Dengan begini, Anda dapat mengetahui apa yang mereka rasakan dan apa yang mereka butuhkan.

author