Tips Ajarkan Pola Hidup Bersih dan Sehat Pada Anak Usia Dini

Salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh anak yang tengah tumbuh berkembang adalah masalah kesehatan. Yap masalah ini memang wajar mengingat tingkat kekebalan tubuh atau imunitas seorang anak usia dini masih tergolong rendah, sehingga sangat rentan terhadap berbagai penyakit. Namun masalah ini sebenarnya dapat diminimalisir apabila orang tua memahaminya betul. Berbagai macam penyakit atau gangguan kesehatan yang menyerang anak umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus yang berasal dari lingkungan sekitar.

Oleh sebab itu, sudah jelas bahwa salah satu cara untuk menekan masalah ini adalah dengan menghindarkan anak dari lingkungan yang tidak sehat. Bagaimana caranya? banyak hal yang dapat dilakukan olrh orang tua, salah satunya adalah dengan mengajarkan pola hidup bersih dan sehat pada anak sedini mungkin.

pola sehat

Berikut beberapa triks untuk mengajarkan pola hidup sehat pada anak usia dini:

  • Berikan pengertian dan pemahaman pada anak

Hal ini mungkin memang sedikit sulit untuk dilakukan, namun bukan tidak mungkin untuk dilakukan. terlebih memori anak usia dini umumnya masih fresh sehingga jika ia sudah mulai paham dengan suatu hal maka hal itu akan terus diingat dan dibawa hingga ia dewasa.

  • Berikan contoh nyata

Salah satu sifat perkembangan anak usia dini adalah imitasi, yaitu kebiasaan meniru setiap hal yang ia lihat dari orang disekitarnya, baik itu perkataan maupun perbuatan. Maksimalkan hal ini untuk memberikan contoh pola hidup sehat kepada si kecil. Berikan contoh yang sederhana namun bermanfaat seperti mencuci tangan sebelum makan dan membuang sampah pada tempatnya.

  • Berikesempatan anak untuk berpartisipasi

Hal ini merupakan cara yang cukup efektif untuk menumbuhkan pola hidup sehat pada anak. Ajak anak ikut serta dalam melakukan suatu hal yang berhubungan dengan bola hidup sehat, misalnya berolahraga dan membereskan mainan.

author