Tips Aman Melatih Bayi Duduk dengan Cepat

No comment 683 views

Mengikuti perkembangan bayi dari waktu ke waktu tentu merupakan hal yang begitu membahagiakan bagi seorang ibu, terutama di tahap awal pertumbuhannya. Perkembangan seorang bayi dapat dilihat dari bagaimana kemampuan dan ketrampilannya dalam melakukan sesuatu.

Nah berbicara mengenai perkembangan bayi, salah satu tahap yang akan sangat membuat ibu tersenyum bahagia adalah saat dimana bayi mulai bisa duduk. Yap ketika bayi telah mampu duduk berarti otot – otot pada bagian tubuh bawahnya telah berkembang dengan baik, selain itu duduk juga membuktikan bahwa si kecil telah mampu belajar menjaga keseimbangan tubuhnya.

Meskipun duduk merupakan tahapan yang tentu akan dilalui setiap bayi yang tumbuh normal, namun kemampuan bayi ini tetap membutuhkan latihan. Nah oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kami akan membarikan tips bagaimana melatih bayi supaya dapat segera duduk dengan baik.

duduk

Tips melatih kemampuan duduk bayi

Pertama latih keseimbangan tubuh bayi. Untuk melakukan hal ni anda bisa memulainya dengan membaringkan bayi di tempat yang datar (misalnya lantai) lalu secara perlahan tarik kedua tangannya sampai ia dalam posisi duduk. Cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan memposisikan bayi dalam pangkuan anda dengan posisi duduk. Namun anda harus menopang punggungnya, karena tentu punggungnya belum cukup kuat untuk mampu duduk sendiri. Dengan cara – cara tersebut bayi akan terlatih untuk memiliki keseimbangan.

Kedua pahami fungsi tangan mungilnya untuk penyeimbang. Setelah langkah pertama berhasil anda lakukan, tahap selanjutnya adalah membantu bayi menggunakan kedua tangannya untuk membantu menyeimbangkan tubuhnya ketika duduk. Caranya, setelah bayi sudah mampu duduk bersandar (misal disofa atau pojok dinding), cobalah untuk mengarahkan kedua tangannya kearah depan dengan posisi tubuh agak condong. Dengan demikian tangannya akan membantu menopang tubuh bayi. Selalu awasi si kecil, jangan sampai ia terguling dan jatuh.

Ketiga sempurnakan posisi duduknya. Setelah si kecil mampu duduk dengan bersangga kedua tangannya, secara bertahap latihlah ia untuk mampu duduk sempurna. Caranya berikan rangsangan agar ia mau mengangkat tangannya, mungkin bayi tidak akan mampu untuk langsung mengangkat kedua tangannya. Namun bayi akan satu persatu mengangkat tangannya, seiring proses barulah ia akan mampu mengkat keduanya dan mampu duduk secara sempurna.

author