Tips Aman Merawat Telinga Bayi Bagian Luar

No comment 872 views

Telinga merupakan salah satu dari lima alat indra manusia yang memiliki fungsi cukup vital dalam kehidupan seseorang, tak terkecuali bagi bayi. Pasalnya melalui organ pendengaran inilah berbagai rangsangan yang dapat mempengaruhi perkembangannya dapat diterima. Seperti kita ketahui bersama bahwa salah satu rangsangan yang paling awal dapat diterima dan dirasakan oleh bayi adalah suara.

Oleh karena pentingnya telinga sebagai salah satu alat indra yang sangat penting, maka telinga harus selalu dijaga kesehatannya. Salah satunya adalah dengan secara rutin membersihkannya agar terhindar dari berbagai infeksi kuman dan bakteri yang dapat membahayakan.

Telinga bayi sendiri umumnya telah memiliki sistem pembersihan alami pada telinga bagian dalamnya. Untuk itu yang perlu dilakukan adalah menjaga kebersihan telinga bagian luar atau pada bagian daun telinganya. Bagaimana caranya? Dalam melakukan hal ini tentu Anda tak boleh sebarangan, karena salah – salah justru dapat melukainya.

kuping

Panduan aman membersihkan daun telinga bayi

  • Pertama – tama siapkan terlebih dulu kapas, cotton bad, air hangat, baby oil, serta waslap lembut.
  • Selanjutnya basahi kapas dengn air hangat lalu usapkan secara pelahan pada daun telinga baik bagian depan maupun belakang.
  • Untuk beberapa bagian daun telinga yang berlekuk, bersihkan dengan menggunakan cotton bud yang terlebih dulu telah dibasahi dengan baby oil.
  • Setelah semua nampak bersih, usap seluruh bagian daun telinga dengan waslap guna mengeringkan sisa air.
author