Tips Ampuh Hindarkan Anak dari Resiko Obesitas

No comment 515 views

Pertumbuhan anak yang sehat, cerdas, dan gemuk tentu merupakan idaman bagi setiap ibu. Oleh karena itu seorang ibu tak akan segan untuk memberikan asupan nutrisi yang melimpah untuk si kecil. Namun disamping itu semua tentu tetap terbesit kekawatiran dalam hati akan resiko obesitas pada anak.

Obesitas tak boleh dipandang hanya sebatas masalah kelebihan berat badan. Namun disamping itu semua ternyata obesitas pada anak dapat memicu masalah lain yang jauh lebih berbahaya seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

Mengingat betapa mengerikannya dampak yang ditimbulkan, tentu setiap ibu hendaknya dapat mejaga dan menjauhkan anak dari resiko terserang obesitas. Bagaimana caranya? Yuk simak sama – sama tips berikut ini.

obesitas

Tips menjauhkan anak dari masalah obesitas

  • Atur dan perhatikan pola makan anak

Faktor utama penyebab obesitas adalah pola makan yang tidak baik dan tidak terkontrol. Berbagai jenis makanan yang banyak digemari anak seperti junk food, sereal instan dan minuman bersoda biasanya dapat memicu obesitas pada anak. Untuk itu penting bagi setiap ibu untuk terus memperhatikan jenis makanan anak. Usahakan untuk melatih si kecil untuk gemar memakan sayur dan buah sejak kecil. Kedua jenis makanan ini sangat bermanfaat untuk membantu menyeimbangkan berat badan sekaligus menyehatkan.

  • Ajari anak berolah raga secara rutin

Kebiasaan berolah raga perlu untuk ditanamkan sejak dini pada diri anak. Buatlah kegiatan olah raga bersama keluarga menjadi menyenangkan, sehingga si kecil akan tertarik untuk melakukannya. Olah raga dapat membantu metabolism tubuh, melancarkan peredaran darah, menjaga kebugaran tubuh, serta membantu membakar kelebihan lemak dalam tubuh. Dengan demikian olaha raga secara teratur akan sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan pertumbuhan dan menghindarkan anak dari resiko obesitas.

Intinya selalu ajarkan pola hidup sehat kepada anak sedini mungkin agar anak terbiasa hidup sehat dan seimbang.

author