Tips Atasi Sakit Gigi Pada Anak

No comment 921 views

Kebanyakan dari orang tua masih bingung gimana cara merawat gigi anak sejak dari bayi saat gigi tumbuh. Selain itu mereka juga tidak tahu apa yang harus dilakukan ketika anak sakit gigi. Berikut kami berikan ulasan tentang seluk beluk gigi anak mulai dari tanda penyakit dan cara mengatasinya :

Ketahui gejala dan tanda sebelum sakit.
Ibu harus rajin melihat mulut si adik agar lubang kecil atau yang masih kecil bisa ditambal segera, jangan sampai menunggu sampai hitam dan akhirnya pecah dan rapuh karena struktur gigi anak yang sangat rapuh. Cara untuk melihat gigi anak ibu bisa melihatnya saat tidur, jika sudah kooperatif bisa dilihat dengan membuka mulut anak dengan batang es krim dan senter agar terlihat sudah lubang atau tidak. Jangan lupa mengecek nya setelah anak sikat gigi agar tidak tertutup makanan.

Tanda Gigi anak mulai rusak

tanda gigi anak mulai rusak anda bisa lihat tanda berikut ini:

1. Gigi berubah warna,
2. Bisa terasa linu.
3. Gusi terlihat merah
4. Ada bengkak di gusi.
5. Rampan atau gigis karena susu.

Apa yang harus anda lakukan ketika melihat tanda gigi anak rusak
Anda harus segera memeriksakannya ke dokter gigi tentunya, supaya lubang giginya tidak cepat membesar. dan akhirnya akan menyebabjkan sakit dan mengganggu aktifitasnya dalam belajar.

Apa yang harus dilakukan jika anak mengeluh sakit gigi..
Sebagai pencegahan selalu sediakan paracetamol syrup di rumah, jadi saat anak sakit gigi apalagi saat malam anda bisa memberikannya sesuai takaran umur yang ada di bungkus. Setelah itu paginya jangan lupa untuk dibawa ke dokter gigi. Jika memang tidak tersedia syrup paracetamol di rumah anda bisa mencoba dengan larutan garam hangat dan digunakan untuk berkumur di gigi yang sakit. Akan sedikit mengurangi.

Bagaimana cara mencegah agar gigi anak tidak sakit dan tetap sehat.
Kunci gigi sehat tentu adalah dengan membiarkan gigi anak selalu pada kondisi bersih, satu cara ibu harus rajiin membersihkan gigi anak dengan lap basah ketika andak belum bisa menyikat gigi, dan jika anak sudah bisa menggosok gigi ajarkan untuk selalu menyikat gigi saat malam sebelum tidur dan pagi setelah sarapan. periksa ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali juga hal wajib bagi ibu .

author