Tips Atau Cara Mengatasi Anak Manja

No comment 1076 views

Bagaimana cara mengatasi anak manja? Anak yang manja biasanya merupakan cerminan atau hasil didikan yang anda lakukan. Mungkin saja, ketika ia kecil anda sudah memberikan ini itu, melayani anak dengan begitu terintervensi dan melakukan banyak hal untuknya padahal ia bisa melakukannya sendiri. Jika anak selalu dilayani kebutuhannya, maka ia akan berubah menjadi anak yang manja di kemudian hari. Perilaku ini terkadang membuat kita merasa jengah dan pada akhirnya marah dengan anak.

Tentu saja, marah bukanlah perilaku yang baik, dan kami memberikan beberapa cara mengatasi anak manja yang bisa anda lakukan dengan perlahan-lahan.

Jangan menuruti permintaan ketika ia marah

Salah satu bentuk perilaku yang membuat anak manja adalah tindakan anda yang terus menuruti permintaan anak meskipun ia sedang marah. Anak akan berubah menjadi pribadi yang sangat manja apabila hal itu terus anda lakukan. Alih-alih takut bahwa anak marah, anda sebaiknya memberikan ketegasan dengan lembut kepadanya bahwa ketika ia marah, anda tidak akan menuruti keinginannya. Ajak anak untuk meminta sesuatu secara baik-baik dan setelah ia melakukannya, barulah anda akan menuruti permintaan mereka.

Kompak dengan semua pihak

Kita sering berusaha untuk tidak memanjakan anak, namun terkadang kakek, nenek, atau sanak saudara yang lain cenderung memanjakan anak anda. Tentu saja, perilaku tersebut akan membuat usaha kita sia-sia dan anak akan tetap manja. Sehingga, sebuah metode yang tepat adalah membuat semua elemen yang mendidik anak menjadi kompak. Ajaklah semua sanak saudara yang dirasa cukup dekat kepada anak untuk terus kompak tidak memanjakannya dan kemudian memberikan didikan yang tepat kepada anak anda.

Konsitensi dalam mendidik

Jangan memberikan toleransi perlakuan selama ia mampu mengerjakan pekerjaan secara sendiri. Teruslah latih anak anda untuk menerapkan semua hal dengan disiplin dan tentunya tanpa bantuan anda. Berikan ia pengertian bahwa semuanya harus dilakukan dengan sendiri selama ia bisa, dan jangan bergantung kepada orang lain.

Itulah beberapa cara mengatasi anak manja yang layak untuk anda coba.

author