Tips Bermain Ayunan Kaki Ibu untuk Melatih Keseimbangan Bayi

Banyak sekali jenis permainan sederhana yang memiliki manfaat untuk pertumbuhan bayi. Salah satunya adalah permainan ayunan kaki ibu. Permainan ini bisa diterapkan terhadap bayi yang telah berusia 3 bulan keatas. Manfaatnya adalah untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan keseimbangan bayi serta memperkuat otot – otot alat geraknya.

Meskipun terkesan sederhana namun tentunya ibu tidak boleh sebarangan dalam melakukannya. Diperlukan tips – tips khusus agar permainan ayunan kaki aman untuk si kecil. Lantas bagaimana tipsnya? Yuk simak sama – sama.

ayunan

Tipa bermain ayunan kaki ibu

  • Pertama berbaringlah secara terlentang dengan alas yang empuk agar anda berada pada posisi yang nyaman.
  • Selanjutnya angkat dan tekuk lutut anda. Lalu letakkan bayi diatas kaki anda, dengan bertumpu pada bagian tulang kering. Atur supaya posisi si kecil benar – benar nyaman dan seimbang.
  • Setelah anda yakin bayi dalam posisi seimbang, pegang kedua tangannya untuk memastikan ia aman. Kemudian gerakkan kaki anda secara perlahan mendekat dan menjauhi muka anda.
  • Lakukan gerakan ini dengan mengajak bayi bercanda misalnya dengan mengucapkan “ciluukkk….baaaa…”. Hal ini akan membuat kegiatan bermain anda dengan si kecil lebih menyenangkan.
  • Beristirahatlah setelah anda melakukannya beberapa kali.

nah mudah bukan cara bermain ayunan kaki ibu bersama si kecil? selain dapat melatih keseimbangan dan otot pergerakan bayi, permainan ini juga bermanfaat untuk melatih dan mengencangkan otot perut Anda. dengan demikian Anda akan memiliki perut yang indah dan ideal.

author