Tips Buat acara Kramas Bayi Lebih Aman dan Menyenangkan

Merawat kebersihan tubuh bayi tentu harus dilakukan secara total dan keseluruhan, tidak terkecuali pada bagian rambut dan kulit kepalanya. Ya meskipun bayi baru lahir, rambut bayi sudah harus mendapat perawatan agar tetap bersih dan sehat.

Salah satu cara merawat kebersihan rambut dan kulit kepala bayi adalah dengan mencuci atau mengkramasinya secara rutin. Dengan kondisi rambut dan kulit kepala yang bersih tentunya bayi akan merasa lebih nyaman dan kerak kepalapun disa dihindari.

Namun bagaimanakah cara aman mengkramasi rambut bayi? Bagi anda yang masih merupakan ibu baru, berikut kami berikan beberapa tips untuk anda

keramas

Cara aman mengkramasi rambut bayi

  • Pertama siapkan terlebih dahulu semua perlengkapan yang dibutuhkan, seperti sampo bayi, sisir bayi, waslap, handuk, dan lotion rambut.
  • Setelah semua perlengkapan siap, basahi rambut bayi dengan menggunakan air hangat dari arah depan ke belakang secara perlahan. Kemudian ambil waslap dan tuang sedikit sampo di atasnya, lalu busakan. Selanjutnya usapkan secara perlahan pada bagian rambut dan kulit kepala bayi, kombinasikan dengan pijatan – pijatan lembut.
  • Bila anda yakin sudah bersih, lalu bilas rambut bayi sampai bersih dari busa sampo. Lakukan dari arah depan ke belakang agar tidak mengalir ke wajah bayi.
  • Keringkan rambut dan kulit kepalanya dengan handuk. Setelah itu oleskan lotion rambut dan sisir rambut bayi.
author