Tips dan Cara Mengatasi Kenakalan Anak

No comment 1860 views

Cara mengatasi kenakalan anak memang cenderung begitu sulit dan membuat banyak orang tua merasa frustrasi. Ketika anak melakukan kenakalan-kenakalan, maka banyak hal yang orang tua lakukan mulai dari cara yang lembut hingga cara-cara keras seperti pemukulan terhadap anak. Tentu saja, cara yang kasar tersebut amat tidak dianjurkan dan sudah seharusnya menjadi hal yang tidak boleh dilakukan. Di bawah ini, kami menghadirkan cara mengatasi kenakalan anak yang memungkinkan untuk anda lakukan. Berikut tipsnya.

Pencegahan di awal waktu

Sebelum anak mendapatkan sifat nakal yang begitu tinggi, sudah seharusnya orang tua melakukan pencegahan di awal waktu. Pencegahan tersebut bisa berupa menerapkan rasa disiplin kepada anak, mengembangkan ilmu agama yang baik, mengarahkan anak untuk melakukan tindakan positif, dan memnjauhkan anak dari beragam pengaruh negatif di sekitarnya. Dengan cara tersebut, maka kenakalan anak bisa tercegah sehingga tidak menjalar dan berkembang menjadi lebih luas.

Jangan membandingkan atau membedakan anak

Seorang anak menjadi nakal bisa terjadi karena tindakan orang tua dalam membandingkan mereka. anak selalu dibandingkan dengan anak-anak lain sehingga membuat mereka minder akan hal-hal yang mereka miliki. Tentu saja, rasa minder tersebut membuat mereka mempunyai jiwa pemberontak yang akhirnya berujung pada kenakalan.

Selalu luangkan waktu untuk anak anda

Seringkali, orang tua selalu sibuk dengan urusan bisnis dan beragam kegiatan lain sehingga mereka tidak mempunyai waktu yang cukup untuk anak. situasi ini membuat perilaku anak menjadi tidak terkontrol yang pada ujungnya membuat anak tersebut nakal. Jika anda ingin anak tidak mempunyai perilaku yang terkontrol, maka luangkanlah waktu selama beberapa jam sehari untuk mendidik anak, dan membimbingnya dengan baik.

Konsultasi ke psikolog anak

Banyak orang tua yang asal mengambil tindakan untuk mencegah dan mengatasi kenakalan anak mereka. Juga, tindakan-tindakan tersebut tidak sepenuhnya benar dan bahkan memperburuk keadaan. Untuk itu, perlu bantuan seorang psikolog anak sebagai konsultan agar anda mendapatkan cara mengatasi kenakalan anak yang benar.

author