Tips dan Trik Ampuh Mengatasi Si Kecil Susah Tidur

Istirahat merupakan salah satu kebutuhan yang mutlak harus di penuhi oleh anak yang tengah memasuki masa – masa pertumbuhan emas seperti pada masa balita. Tingkat kualitas istirahat anak ini erat kaitannya dengan masalah kesehatan sehingga akan sangat berpengaruh pada peroses dan keberhasilan tumbuh kembangnya.

Berbicara mengenai masalah istirahat anak ini, banyak orang tua yang mengeluhkan si kecil sering terbangun atau bahkan susah tidur dimalam hari, akibatnya anak mengalami berbagai gangguan kesehatan seperti tekanan darah rendah dan sering pusing. Terkait dengan masalah ini sendiri sebenarnya ada banyak faktor yang bisa mempengaruhinya, baik itu faktor dari dalam diri anak seperti badan yang sedang tidak nyaman, rasa kawatir, dan rasa lapar. Namun juga tidak menutup kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh faktor dari luar dirinya seperti kondisi tempat tidur yang tidak nyaman, atau pembiasaan orang tua yang salah.

Namun apa pun penyebabnya, masalah anak sulit tidur ini tentu tak boleh anda biarkan begitu saja. Bersegeralah untuk mencari solusi dari masalah ini, agar kesehatan anak anda tetap terjamin. Beberapa hal berikut mungkin dapat anda pertimbangkan untuk dilakukan dalam rangka mengatasi anak yang susah tidur di malam hari.

tidur

  1. Buatlah perasaan anak nyaman dan tenang ketika akan tidur

Bagaimana caranya? Cukup mudah! Umumnya anak sangat suka dengan cerita atau diongeng fiktif yang menghibur. Untuk itu tak ada salahnya jika sesekali anda membacakan sebuah dongeng kepada si kecil ketika akan tidur. Sampaikan cerita tersebut dengan suara yang pelan smbil sesekali membelai anak, hal ini akan sangat membantu menciptakan suasana hati anak yang nyaman dan tenang. Dengan demikian anak akan lebih mudah untuk tidur.

  1. Pastikan si kecil dalam keadaan kenyang

Sebagaimana telah disebutkan diatas, salah satu penyebab anak susah tidur adalah kondisi lapar. Oleh sebab itu siapkan cemilan sehat seperti roti gandum dan segelas susu sebelum anak tidur. Selain dapat memberikan rasa kenyang, minum segelas susu sebelum tidur sangat baik untuk kesehatnnya. Namun jangan lupa, setelah si kecil selesai makan ajaklah untuk menggosok gigi terlebih dulu baru kemudian tidur.

  1. Ciptakan kamar dan tempat tidur yang nyaman

Tidak dapat dipungkiri bahwa kondisi kamar dan tempat tidur anak memagang pengaruh yang sangat besar terhadap kenyamanan tidur anak. Untuk itu settinglah tempat tidur anak sebaik mugkin, misalnya dengan menyiapkan kasur yang empuk dengan bantal dengan bentuk yang dukai anak. Jika anak anda memiliki boneka kesayangan, jangan lupa untuk menyertakannya sebagai teman tidurnya setiap malam.

author