Tips Hebat Menghindari Racun Pada Makanan

No comment 816 views

Makanan sangat penting dibutuhkan oleh tubuh sebagai bahan penyedia nutrisi untuk energy setiap hari. Selain itu makanan juga menjadi pensuplay utama zat – zat yang dibutuhkan tubuh untuk terus berkembang dan tetap dalam keadaan sehat.

Namun tahukah anda, dibalik semua fungsi makanan tersebut kerselip sedikit bahaya tentang makanan? Yap selain bermanfaat, terkadang makanan juga dapat mengandung racun yang justru berbahaya bagi tubuh anda dan keluarga. Untuk itu anda harus selalu berhati – hati dalam memilih dan mengolah makanan agar keluarga anda terhindar dari racun yang merugikan.

sakit perut

Tips hindari racun pada makanan

  1. Cerdas dalam memilih tempat belanja

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memilih tempat belanja bahan makanan yang tepat. Biasakan membeli bahan makanan di tempat yang bersih dan sehat. Pasalnya makanan yang awalnya sehat pun bisa saja menjadi berbahaya ketika berada dilingkungan yang tidak bersih. Bahan makanan tersebut berpotensi tercemar berbagai kuman dan bakteri yang dapat menjadi bibit penyakit.

  1. Pilih bahan makanan yang masih segar

Selanjutnya anda juga harus memastikan bahwa anda membeli bahan makanan yang benar – benar dalam keadaan baik dan segar. Jangan pernah membeli bahan makanan yang menampakkan cacat atau kerusakan fisik. Akan sangat bijak jika anda teliti dalam membali. Apa yang harus diteliti? Untuk keamanan standar perhatikan fisiknya yang meliputi warna, tekstur, dan aroma.

  1. Simpan bahan makanan dalam tempat yang baik

Nah setelah anda memilih bahan makanan ditempat yang tepat, selalu simpan makanan di tempat yang hiigenis. Pastikan ditempat penyimpanan bahan makanan anda tersebut bakteri dan kuman tidak dapat hidup dan berkembang biak. Untuk hal ini menyimpan bahan makanan di dalam lemari es bersuhu 5o c adalah pilihan yang baik.

  1. Olah bahan makanan dengan benar

Selalu sajikan makanan untuk keluarga anda dalam keadaan yang benar – benar matang. Pasalnya makanan yang diolah dalam keadaan setengah matang masih sangat riskan membawa beberapa jenis bakteri dan virus yang akan menjadi racun dalam tubuh anda dan keluarga. Pastikan pula anda menggunakan prabot atau alat masak yang higenis dan memasak dengan prosedur yang benar.

author