Tips Jitu Atasi Anak Sering Ngompol

No comment 1000 views

Anak Anda sering ngompol ketika tidur? Ngompol memang menjadi salah satu masalah yang kerap dikeluhkan oleh banyak ibu yang memiliki bayi dan anak usia batita (bawah 3 tahun). Pasalnya bayi dan anak yang masih kecil memang sangat sulit dilepaskan dari masalah ngompol.

Masalah ngompol pada anak sendiri dapat disebabkan oleh banyak factor, salah satunya adalah konsumsi minuman yang berlebih di malam hari. Selain itu kapasitas kantung kemih yang masih relative kecil menyebabkan anak lebih mudah buang air kecil, sedangkan kepekaannya dalam menanggapi hal ini ketika tidur sangat rendah. Hal itulah yang menyebabkan anak mudah mengompol.

Namun sebagai orang tua, sebenarnya ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kebiasaan mengompol anak ini. Pada sebagian orang mungkin memilih mengenakan popok yang dapat menyerap air sehingga ketika anak ngompol tidak akan kemana – mana. Namun sayangnya hal seperti ini sebenarnya sangat tidak dianjurkan. Pasalnya air yang tertampung dalam popok tersebut akan membuat lembab sehingga dapat memicu iritasi akibat kuman. Oleh sebab itu tentu akan lebih baik jika Anda memilih mengatasi masalah ini dengan menggunakan cara alami yang lebih aman.

ngompol

Tips mengatasi anak sering ngompol

  • Lakukan pembatasan pemberian minum kepada anak di malam hari.
  • Kurangi konsumsi minuman cola, cocoa, teh, kopi dan coklat. Hal ini dikarenakan pada minuman tersebut terkandung kafeein yang bersifat diuretic.
  • Biasakan anak untuk buang air besar ketika hendak tidur.
author