Tips Jitu Latih Bayi agar Cepat Bicara

No comment 631 views

Melatih bayi untuk berbicara adalah hal penting yang harus dilakukan setiap orang tua. Dengan komunikasi yang baik, bayi akan dapat berinteraksi dengan lingkungannya.

bayi bicara

Namun, tidak semua orang tua tahu bagaimana cara melatih bayi untuk berbicara. untuk itu berikut ini beberapa Tips Jitu Latih Bayi agar Cepat Berbicara.

  1. Rajinlah berkomunikasi dengan bayi Anda ketika bersama. Ajarkan dia untuk berbicara walaupun belum waktunya. Jika Anda sering berbicara padanya, ia akan dengan mudah belajar dan mengerti bahasa Anda.
  2. Dengar dan tanggapi setiap tangisannya. Bayi belajar berkomunikasi melalui tangisannya, misalnya ketika lapar.
  3. Tanggapi celotehannya. Bayi seringkali berceloteh seakan-akan ingin mengatakan sesuatu. Untuk menanggapinya, tatap matanya dan ajak bicara seolah-olah Anda mengerti maksudnya.
  4. Bicaralah dengan nada dan kata-kata yang lembut. Bayi lebih cenderung menyukai suara yang lembut. Hindari suara yang kasar, karena setiap ucapan yang kita ucapkan akan tersimpan dalam memorinya, dan suatu saat dapat mereka tiru.
  5. Bicarakan apa yang sedang ia lakukan. Misalnya ketika ia sedang mandi atau bermain. Katakana apa yang sedang dilakukan dan dipegangnya, sehingga ia dapat mengenal lingkungannya.
  6. Kenalkan bayi pada dirinya sendiri. Anda dapat melakukannya dengan menunjukkan bagian-bagian tubuhnya, seperti mata, hidung, telinga, dan bagian tubuh lainnya.

Selain 6 tips diatas, Anda juga harus memperhatikan respon si kecil ketika Anda ajak bicara. Jika ia sudah mulai tidak memperhatikan, jangan dipaksakan. Mungkin ia sudah mulai bosan. Pilihlah waktu yang tepat dimana bayi sedang bersemangat untuk Anda ajak berkomunikasi.

author