Tips Keuangan Keluarga

No comment 472 views

Saat menjalani hidup berumah tangga, diperlukan sejak dini untuk mengatur keuangan keluarga. Mengelolah keuangan keluarga begitu penting untuk masa depan. jika anda tidak mengaturnya sejak dini yang ada mala penyesalan dikemudian hari atau waktu anda pensiun atau terkena PHK, bahkan sewaktu waktu terjadi musibah yang tidak terduga.


Berikut ini adalah beberapa Tips keuangan keluarga yang bisa dijadikan contoh dalam mengatur keuangan keluarga anda.

1. Menyusun anggaran sebulan bersama keluarga, yang dimaksudkan adalah mengajak anggota keluarga bersama sama membuat daftar kebutuhan selama 1 bulan.

2. Menghindari kebutuhan yang tidak terlalu perlu, Maksudnya adalah anda harus memisahkan mana kebutuhan pokok dan kebutuhan umum.

3. Tak ada salahnya jika anda berinvestasi, Saat menerima gaji sisahkan sepuluh persen untuk diinvestasikan, sebaiknya rekening untuk kebutuhan dan rekening untuk tabungan dipisahkan saja agar uang tersebut tidak bercampur. jika tabungan anda sudah banyak anda bisa membeli ruko atau mobil yang bisa anda sewakan.

4. Batasilah hutang Anda, Jangan melebihi tiga puluh persen dari pendapatan atau gaji bulanan Anda karena dapat berakibat buruk pada kondisi keuangan keluarga nantinya.

5. Mempersiapkan masa pensiunan, anda bisa melakukannya dengan cara rutin menabung melalui Dana Pensiun Lembaga Keuangan.

6. Mengajarkan anak menabung sejak dini, dengan kebiasaan seperti ini akan membantu mereka untuk memahami pengelolaan keuangan sejak dini.

author