Tips Melatih Anak Membaca

No comment 541 views

Melatih anak membaca tentu harus dilakukan oleh para orang tua terutama ketika anak mereka mulai mendekati usia sekolah. Untuk melatih anak membaca, kita tidak perlu menggunakan cara-cara yang super disiplin dan cukup keras sehingga anak mau belajar dengan baik. Kami memberikan tips singkat dan sangat berguna bagi anda yang sedang melatih anak untuk mampu membaca dengan baik.

Membacakan banyak cerita kepada anak

Pada tahap pertama, buat anak anda cinta terhadap bacaan buku yang ada. Anda amat disarankan untuk membacakan banyak buku cerita kepada anak hingga ia mempunyai tingkat antusias tinggi terhadap bacaan yang ada. Ketika anak sudah mempunyai minat terhadap cerita, maka ia akan sangat penasaran untuk membaca cerita itu sendiri dan mengetahuinya secara detail. Pada saat inilah anda barus bisa melatih anak membaca.

Mengajukan pertanyaan

Ketika anak mampu membaca beberapa kata di dalam buku cerita bergambar, maka buatlah pikirannya aktif dengan beragam pertanyaan yang anda ajukan. Misalkan, anak anda sedang membaca sebuah cerita mengenai kelinci dan harimau. Cobalah tanyakan kepada anak tentang apa yang dilakukan kelinci, bagaimana ia mampu lolos dari harimau, bagaimana harimau mampu menemukan kelinci di awal cerita, dan masih banyak lagi.

Jadilah contoh yang baik

Jadilah contoh yang baik dengan membaca melalui intonasi yang jelas serta kata-kata yang terdengar tajam. Dengan cara ini, anak mampu menemukan sebuah figur atau contoh yang baik pula tentang bagaimana metode membaca yang benar.

Taruh kata-kata di banyak tempat

Biarkan anak anda membaca banyak hal di dalam rumah. Anda bisa menempelkan kata-kata yang ada kaitannya pada setiap setting atau tempat. Sebagai contoh, taruh kata “tempat tidur, guling, bantal, selimut, dan sprei” di atas tempat tidurnya. Anak akan mudah membaca karena semua kata-kata tersebut ditempatkan sesuai dengan konteks.

Libatkan permainan kata-kata

Kalau anak ada bosan dengan metode-metode membaca yang ada, maka anda memerlukan permainan. Cobalah untuk membuat permainan seperti teka-teki silang, kata yang dibolak-balik, dan lain sebagainya. Melalui permainan tersebut, melatih anak membaca akan menjadi pekerjaan yang terasa lebih mudah.

author