Tips Melatih Daya Ingat Si Kecil Sejak Dini

No comment 1841 views

Kemampuan bayi dalam mengingat sesuatu sudah dimulai sejak dalam kandungan hlo. Ia bisa mengingat suara – suara yang sering Anda perdengarkan ketika Anda tengah mengandungnya. Ini lah sebabnya mengapa bayi akan sangat mudah menghafal suara ayah dan ibunya. Dan setelah lahirpun Anda juga bisa melatih kemampuan daya ingatnya ejak dini supaya berkembang lebih baik.

ingat

Bagaimana caranya? Mudah kok! Yuk simak tips melatih daya ingat anak sejak dini berikut ini:

Pertama, lakukan kontak mata. Kontak mata yang Anda lakukan dengan si kecil akan membantu merangsang saraf dalam otak anak untuk mengingat apa yang Anda katakan.

Kedua, melalui permainan. Ketika usia anak Anda sedikit lebih besar, Anda dapat memanfaatkan mainan untuk membuat daya ingatnya berkebang lebih baik. Namun, Anda juga harus selektif dalam memilih mainan untuk anak, pilihlah mainan yang meminta anak untuk menyusun suatu benda yang di acak, misalnya puzzle.

Ketiga, menghafal nama. Tidak harus nama orang, tetapi dapat juga nama – nama benda, hewan, maupun tumbuhan. Berikan anak gambar kemudian sebutkan namanya dan minta anak untuk mengulanginya, dengan demikian anak akan berlatih untuk mengingat nama – nama tersebut. Hal seperti ini akan membuat anak mengkoordinasikan kemampuan mendengan, melihat, dan mengucapkan sehingga dapat melatih daya ingat anak secara baik.

Nah itu tadi beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melatih dan mengasah daya ingat anak agar mampu berkembang dengan baik.

author