Tips Melatih Kepekaan Lidah Anak

No comment 530 views

Anak – anak akan menemui berbagai rasa dan tekstur makanan yang beragam dalam proses tumbuh kembang menuju kedewasaan. Berbagai rasa dan tekstur ini hendaknya sudah dapat mereka bedakan dan kuasai sejak ia masih balita. Untuk itu tugas anda sebagai seorang ibu adalah mengenalkan beragam jenis makanan dengan aneka rasa dan tekstur guna melatih kepekaan lidah anak terhadap makanan.

krupuk

Nah mengenai hal ini, ada beberapa jenis makanan yang dapat anda jadikan sempel makanan untuk anak. Apa saja jenis makanan tersebut? Berikut beberapa makanan untuk melatih kepekaan lidah anak:

–        Jelly. Jenis makanan ini akan mengenalkan anak tenang tekstur makanan yang halus dan kenyal. untuk pembanding Anda bisa memberi si kecil bakso kenyal.

–        Kerupuk. Kerupuk akan membantu anak melatih kepekaan lidahnya tgerhadap jenis makanan yang gurih, renyah, dan bertekstur kasar. Anda dapat memberikan beragam jenis krupuk,misalnya krupuk udang, krupuk ikan, dan krupuk tepung agar anak semakin memperkaya perbendaharaan rasanya.

–        Buah. Untuk jenis makanan selanjutnya ini akan melatih anak mengenal beragam tekstur buah, mulai dari yang lembut hingga keras. Untuk itu berikan beberapa jenis buah dengan tekstur berbeda dalam satu piring, misalnya pisang, mangga, apel, semangka, peer, dan lainnya. Dampingi anak ketika memakannya dan jelaskan mengenai apa yang ia makan.

–        Sereal. Makanan dari jenis sereal akan mengenalkan anak pada tekstur lembut namun sedikit kasar. Beberapa jenis sereal yang dapat anda coba berikan adalah sereal jagung atau pun gandum.

–        Air minum. Nah untuk minuman kenalkan anak sejak dini mengenai beragam minuman yang memiliki rasa dan tekstur berbeda, misalnya air putih, susu, dan jus buah – sayur. Untuk jus buah berikan anak sesekali jus tanpa disaring agar anak mengenal tekstur kasar dari serat buah yang di jus.

author