Tips Memandikan Bayi Baru Lahir untuk Ibu Muda

No comment 572 views

Salah satu kegiatan paling menyenangkan ketika merawat bayi yang baru lahir adalah memandikannya. Ada banyak hal yang membuat ibu terkadang tersenyum sendiri ketika melakukan rutinitas ini, utamnya karena melihat kelucuan si kecil yang masih takut – takut dengan air. Selain itu rutinitas memandikan bayi ini dapat menambah kedekatan si kecil dengan ibundanya.

Namun dalam melakukan perawatan ini tentu ibu tak boleh sebarangan, karena salah – salah dapat membahayakan si kecil. Oleh sebab itu memahami bagaimana tips dan trik memandikan bayi baru lahir merupakan keterampilan yang wajib dimiliki setiap ibu, khususnya ibu muda. Untuk mengetahui bagaimana cara memandikan bayi secara aman, perhatikan panduan berikut ini.

bayi mandi

Panduan memandikan bayi baru lahir untuk ibu muda

  1. Pertama siapkan terlebih dahulu semua peralatan yang dibutuhkan untuk mandi bayi.
  2. Perhatikan betul suhu air yang akan digunakan untuk mandi bayi. menggunakan air hangat dengan suhu sekitar 36-37 derajad Celsius sangat direkomendasikan karena dengan suhu yang hangat dapat membuat bayi merasa nyaman dan rilek ketika dimandikan. Hindari penggunaan air dingin karena dapat menyebabkan kulit bayi kering.
  3. Gunakan sabun yang memang khusus untuk bayi yang mengandung kadar pH dan vitamin yang tepat untuk bayi.
  4. Selanjutnya lepas pakaian bayi dengan perlahan dan letakkan bayi pada pada pangkuan Anda dengan beralaskan handuk lembut. Bersihkan mata bayi dengan menggunakan waslap lembut yang telah dibasahi dengan air matang, lakukan secara hati – hati dari arah hidung ke telinga. Kemudian bersihkan bagian mulut, hidung, dan telinga bayi dengan menggunakan kapas steril yang telah dibasahi.
  5. Setelah itu masukkan bayi pada bak yang telah diisi air, dengan posisi tangan Anda menopang pada bagian leher dan pundak bayi. basuh bayi dengan air secara perlahan dan pelan – pelan, jangan lupa memperhatikan bagian lipatan tubuh bayi yang biasanya banyak memproduksi keringat.
  6. Usapkan sabun khusus bayi secara merata pada setiap bagian badan dan wajah bayi. dalam melakukannya Anda dapat menggunakan tangan secara langsung atau juga dapat menggunakan waslap. Setelah itu samponi rambut bayi dengan sampo khusus.
  7. Selanjutnya bilas badan bayi dengan air hingga bersih. Angkat bayi dari dalam bak dan selimuti dengan handuk agar bayi tidak kedinginan dan air segera kering.

Mudah bukan memandikan bayi baru lahir? Kuncinya adalah Anda harus selalu berhati – hati dalam melakukan rutinitas ini dan lakukan dengan penuh kasih sayang. Selamat mencoba.

author