Tips Membangun Keluarga Harmonis

No comment 728 views

Salah satu tujuan seseorang melakukan pernikahan dan berumah tangga adalah untuk membangun keluarga yang harmonis dan bahagia. Yap keharmonisan dan kebahagiaan dalam rumah tangga memang menjadi hal wajib yang sebisa mungkin harus dicapai oleh sebuah keluarga. Namun untuk dapat mencapainya tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan, diperlukan kiat – kiat khusus dalam membangun keluarga harmonis tersebut.

harmonis

Tips membangun keluarga harmonis

  • Bangun rasa pengertian dan saling percaya

Rasa pengertian dan saling percaya akan menjadi dasar bagi sepasang suami istri untuk mengarungi bahtera rumah tanggga yang harmonis. Dengan adanya dua pondasi ini baik seorang suami dan istri tentu akan terhindar dari rasa saling curiga dan was – was. Namun disamping itu, antara keduanya juga harus saling menjaga dan membayar kepercayaan yang diberikan oleh pasangannya sebaik mungkin.

  • Transparan dalam mengelola keuangan

Tidak dapat dipungkiri uang seringkali menjadi perenggang hubungan antara suami istri. Untuk itu guna membangun rumah tangga yang harmonis cobalah untuk saling transparan dan terbuka perihal keuangan ini. Terlebih jika keduanya sama – sama bekerja, dengan demikian antara suami dan istri bisa saling melengkapi untuk membangun ekonomi keluarga yang lebih baik. Perlu diingat, bahwa tingkat ekonomi yang baik bisa jadi menambah kebahagiaan dalam keluarga.

  • Lakukan komunikasi secara baik

Komunikasi antar anggota keluarga merupakan kunci pokok terbentuknya keluarga yang harmonis. Dengan adanya komunikasi yang baik tanpa adanya pihak yang saling menyimpan rahasia, tentulah akan tercipta suasana yang kondusif dan dinamis.

  • Pastikan intensitas pertemuan yang lebih

Ketika sebuah keluarga terpisah jarak karena suatu hal, tentu hal ini akan sedik mengurangi kebahagiaan dalam berumah tangga. Untuk itu usahakan memiliki intensitas pertemuan yang cukup atau bahkan lebih. Dengan adanya intensitas pertemuan ini diharapkan akan menciptakan dan meningkatkan rasa kasih sayang dan cinta antara keduanya.

author