Tips Membangun Keluarga Langgeng dan Awet

Kesuksesan dalam membangun rumah tangga hanya akan tercapai mana kala terdapat landasan cinta dan kasih sayang yang kuat antara suami – istri. Dan salah satu tolok ukur kesuksesan dalam membangun rumah tangga tersebut adalah kelanggengan hubungan yang dibangun pasca pernikahan.

Namun jika kita amati disekitar kita, tidak sedikit pasangan suami istri yang telah merajut rumah tangga bertahun – tahun akhirnya harus kandas. Tidak lain penyebabnya adalah penghianatan cinta atau perselingkuhan. Yap hal ini memang menjadi sebuah batu sandungan ketika sepasang suami istri tidak mampu saling menjaga dan memegang teguh cita dan kasih sayang pasangannya.

Nah untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips, bagaimana cara membangun keluarga bahagia yang langgeng dan awet. Apa saja tipsnya?

pasutri

Tips membangun keluarga yang langgeng dan awet

  • Bangun komitmen spiritual dengan pasangan

Sebuah keluarga akan berjalan dengan baik dan tetap awet meski berbagai rintangan datang mendera mana kala keduanya memiliki landasan spiritual yang kuat. Keduanya akan sama – sama mengetahui mana yang dibolehkan dan mana yang dilarang oleh agama. Dengan demikian hasrat atau keinginan untuk berkhianat atau selingkuh akan teredam dan akhirnya akan menjauh dari keluarga.

  • Bangun komunikasi yang baik

Apa artinya sebuah hubungan tanpa adanya komunikasi yang baik, begitu pula dalam membangun keluarga. Komunikasi yang baik sangat diperlukan untuk menciptakan keharmonisan dan kehangatan dalam keluarga. Dengan adanya komunikasi yang baik pula antara suami dan istri diharapkan akan dapat saling melengkapi dan menyelesaikan semua permasalahan secara musyawarah bersama.

  • Bangun managemen masalah yang baik

Tidak akan ada sebuah keluarga yang terbangun kuat tanpa adanya masalah. Untuk itu, setiap masalah yang datang menghadang hendaknya dapat dimanagemen dengan baik. Bagaimana caranya? Mudah! Gunakan prinsip berikut “hilangkan masalah kecil dan kecilkan masalah yang besar”. Dengan prinsip ini, semua masalah dalam keluarga akan terasa lebih ringan dan lebih mudah diselesaikan. Nah ketika semua masalah tersebut bisa diatasi, maka keluarga akan tetap utuh dan terhindar dari perpecahan.

author