Tips Membantu Orang Tua Saat Mereka Tua

1 comment 445 views

Tips Membantu Orang Tua Saat Mereka Tua

1.    Masuk ke dalam posisi mereka
Penurunan fisik secara perlahan-lahan karena termakan usia bisa menimbulkan depresi tersendiri. Bayangkan apa yang akan kita alami ketika kenyataan itu terjadi pada diri kita, dengan begitu, kita bisa memahami apa yang dirasakan dan dialami orang tua.

2.    Dorong mereka untuk mencoba hal-hal baru
Orang-orang yang sudah jompo sering terpaku pada hal-hal yang tidak mungkin mereka capai, karena itu bawalah mereka mencoba hal-hal baru yang memungkinkan bagi mereka.

3.    Sepakati aturan-aturan dasar tertentu
Bila tidak mau dikunjungi terus-menerus setiap sore untuk diajak ngobrol, buatlah kesepakatan mengenai waktu dan frekuensi pertemuan yang memungkinan dengan kedua orang tua.

4.    Menerima hadiah dari mereka
Orang-orang berusia lanjut sangat senang memberi sesuatu kepada orang lain. Terimalah pemberian mereka, tapi juga bersiap-siaplah untuk mengembalikannya suatu ketika nanti, jika dibutuhkan.

5.    Biarkan mereka terus aktif
Walaupun sendi-sendi mereka sudah lemah, tak berdaya, dan sudah tidak bisa berlari, ada baiknya kita mendorong mereka terus aktif bergerak. Ini sama dengan memotivasi mereka untuk tetap bersikap mandiri.

6.    Jangan menerima ’sogokan’
Kita mungkin senang dengan usulan orang tua untuk membelikan kita rumah besar supaya bisa tinggal bersama-sama. Namun, setelah tinggal bersama dua puluh tahun, kebersamaan tersebut bisa saja tidak menyenangkan. Karena itu, hati-hatilah dengan sogokan-sogokan seperti itu.

7.    Jangan terbawa pertimbangan emosional
Ini hal yang sangat sulit. Kita tidak harus merawat orang tua saat mereka sudah tua hanya karena dulu mereka menyeboki kita saat masih bayi. Ada banyak cara untuk membantu, tapi jangan sampai kita menjadi tukang rawat mereka, lain hal kalau itu menjadi bagian rencana hidup pribadi.

8.    Sabar mendengar cerita favorit orang tua yang diulang-ulang
Pada usia lanjut, kisah cerita dan anekdot favorit orang tua biasanya akan selalu diceritakan berulang kali. Kita perlu sabar dan membiarkan mereka menceritakannya berkali-kali.

9.    Jawab pertanyaan-pertanyaan hakiki mengenai hidup
Orang tua yang sudah renta memiliki kesadaran yang tinggi mengenai pentmgnya moralitas daripada sebelumnya. Kematian merupakan hal yang menakutkan, karena itu dorong orang tua kita untuk mendalami iman atau kehidupan rohani jika mereka menganut ajaran tertentu.

10.    Melemahnya kemampuan ingatan
Ingat, kekuatan ingatan manusia akan terus menurun seiring semakin tuanya usia. Kedua orang tua kita mungkin tidak sadar kalau mereka terlalu banyak menuntut kepada kita. Demikian akibat kemerosotan daya ingat karena penuaan.

Tolong “share” ke teman-teman yang lain agar mereka juga dapat memetik hikmah yang ada pada renungan di atas. Semoga dapat bermanfaat bagi kehidupan kita, terimakasih.

( Sumber :  carahidupkita.blogspot.com )

author