Tips Membentengi Anak Remaja dari Perilaku Negatif

Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangannya menuju masa remaja, anak Anda akan mulai bergaul dan masuk dalam lingkungan sekitarnya yang kompleks. Disanalah akan ada banyak hal yang ia temui dan pelajari dari teman bermainnya, masyarakat sekitar hingga lingkungan tempat ia tumbuh.

Sayangnya tidak semua yang ia temui itu baik, ada kala ia akan menemui sesuatu yang negatif. Dan ketika ia salah dalam menerimanya bisa jadi anak akan tertular perilaku negatif pula. Apalagi Anda pun tidak mungkin selalu berada disampingnya, mengawasinya, dan membimbingnya ketika tengah diluar rumah.

Maka dari itu penting bagi Anda dan keluarga untuk membentengi anak dari perilaku negatif. Meskipun Anda tidak selalu ada didekatnya hal ini tentu tetap bisa Anda lakukan. Namun, bagaimana caranya?

remaja

Tips Membentengi Anak Remaja dari Perilaku Negatif

# Tanamkan sejak dini nilai – nilai agama

Tidak ada benteng yang lebih baik selain nilai – nilai agama, untuk itu sangat penting mengajarkan ilmu agama kepada anak sejak dini. Pahamkan pada diri anak bahwa Tuhan selalu bersamanya, melihat dan mengawasi setiap yang ia lakukan. Dengan demikian ketika ia mendapati sesuatu yang negatif ia akan mampu untuk menghindarinya.

# Berikan ia Kenyamanan dalam keluarga

Salah satu penyebab remaja memiliki perilaku yang menyimpang adalah terjadinya masalah dalam keluarganya, sehingga ia mencari pelarian yang sayangnya seringkali bersifat negatif. Untuk itu selalu buat keluarga Anda tetap harmonis dan memberikan kehangatan serta rasa nyaman bagi anak Anda.

author