Tips Membuat Tulang Bayi Sehat dan Kuat

No comment 592 views

Tulang menjadi salah satu bagian tubuh yang turut memberikan pengaruh besar terhadap pertumbuhan anak. Tulang yang kuat dan sehat dapat mempercepat pertumbuhan bayi, terutama pada pertumbuhan gerak fisiknya.

Sebaliknya pertumbuhan tulang yang terhambat atau mengalami kelainan, tentu bisa menghambat tumbuh kembangnya. Untuk itu rawatlah sejak dini tulang si kecil agar dapat tumbuh sehat dan kuat serta terhindar dari berbagai kelainan.

berjalan

Lantas bagaimana caranya? Beberapa hal sederhana berikut bisa menjadi alternatif cara membuat tulang bayi sehat dan kuat.

Lakukan olahraga bayi. Tidak hanya baik bagi orang dewasa, olahraga pun ternyata juga baik untuk pertumbuhan bayi. Beberapa olah raga ringan bisa membuat tulang – tulang bayi menjadi kuat dan sehat. Bagi bayi yang sudah memasuki usia 1 tahun dan telah mampu berjalan, mengajaknya berjalan atau berlari adalah pilihan olah raga yang baik. Namun untuk bayi yang masih kecil, bergerak aktif menggerak – gerakkan tangan kaki dan kepalanya juga sudah termasuk bagian dari olah raga.

Gendong dan dudukkan bayi dalam posisi yang benar. Posisi menggendong bayi dan mendudukkan bayi memegang pengaruh besar terhadap pertumbuhan tulang bayi, terutama bagi bayi yang belum genap berusia 1 tahun. Posisi menggendong bayi dengan menopang seluruh bagian tubuh bayi secara sempurna dengan tangan adalah cara menggondong bayi yang benar.

Menjemur bayi setiap pagi. Sinar matahari pagi memiliki banyak manfaat untuk pertumbuhan bayi. Selain efektif untuk mengatasi penyakit kuning, sinar matahari pagi juga dapat memeperkuat dan menyehatkan tulang bayi. Cukup 10-15 menit setiap pagi sudah cukup untuk membuat tulang bayi tumbuh sehat dan kuat.

author