Tips Memilih Cerita Pendek Anak – Anak Sekolah Dasar

Setiap anak pasti senang mendengarkan cerita, terlebih kisah yang diceritakan mengisahkan petualangan yang menarik. Biasanya sebelum tidur sebagian anak minta diceritakan oleh ibunya, dan hal tersebut memang baik untuk menumbuhkan minat membaca kepada sang anak. Dengan lebih sering mendengarkan cerita, maka si anak akan semakin suka mendengarkan cerita dan pastianya akan berusaha menemukan cerita – cerita menarik lainnya dari media apapaun seperti buku.

KISAH PANGERAN & PENGEMIS

Memiliki anak yang gemar membaca pastinya harapan semua orang tua, selain baik untuk menambah wawasan si anak dengan membaca juga akan melatih imajinasinya. Namun jangan sampai anak anda membaca buku yang mengisahkan cerita bukan untuk anak – anak, oleh karena itu orang tua harus lebih selektif dalam memilihkan cerpen atau cerita pendek untuk si anak. Danjk berikut ini telah kami rangkumkan informasi seputar tips memilih cerita pendek anak – anak sekolah dasar, dan pastinya sesuai dengan kebutuhan si anak.

1. Tidak Berisi Materi Dewasa
Tentunya sudah bayak yang tahu jika kini banyak buku untuk anak sekolah dasar yang berisikan materi dewasa, padahal dengan usia mereka yang masih belia materi tersebut belum diketahui anak – anak. Sebab jika sejak dini mereka sudah mengetahui apa yang akan mereka ketahui nanti setelah dewasa, maka hal tersebut dapat menyebabkan prilaku buruk. Oleh karena itu, sebaiknya pilihkan cerpen yang tidak ada unsur materi dewasanya.

2. Menarik
Anak – anak memang mudah menyukai sesuatu, termasuk juga membaca. Namun mereka juga mudah bosan, agar membaca tidak dirasa membosankan oleh si anak carikanlah cerpen atau cerita pendek yang kisahnya menarik. Sebagi contoh cerpen yang terkenal adalah kancil sipencuri timun, cerita ini memang dikhususkan untuk anak – anak.

3. Tidak Berisi Ajakan Melakukan Kekerasan
Cerpen memang banyak disukai oleh anak – anak, namun pastikan cerpen yang mereka baca tidak mempersuasi mereka untuk melakukan tindakan kekerasan. Bagaimanapun juga anak – anak masih banyak ingin tahu dan suka mencoba hal yang baru, oleh karena itu sangat disarankan jika anda bisa selektif dalam memilihkan cerita pendek untuk anak – anak.

Nah itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih cerpen, biasanya sejak menginjak bangku sekolah dasar anak anda sudah mulai diperkenalkan dengan cerpen supaya memiliki kebiasaan membaca.

author