Tips Memilih Mainan Anak yang Aman

No comment 457 views

Tidak semua mainan untuk anak itu aman, ada kalanya mainan yang harus dihindarkan karena tidak aman bagi anak, namun di sini kami akan membagikan tips memilih mainan anak yang aman. Memang pada dasarnya banyak sekali mainan anak yang beredar di pasaran dengan harga dan bentuk yang bervariasi harus menjadi perhatian para orang tua. Pasalnya sampai saat ini masih banyak ditemukan beragam mainan anak yang mengandung zat kimia berbahaya berupa logam berat, seperti merkuri, timbale, cadmium dan kromium. Hal ini semakin diperparah dengan adanya pasar bebas, khususnya produk-produk china yang masuk ke Indonesia dengan harga murah dan bersaing.

Pada kasus ini banyak produk china masuk secara illegal sehingga memunculkan kekhawatiran sejumlah orangtua akan keamanan produk mainan yang mereka beli untuk kesehatan anak mereka. Untuk mengantisasi masalah ini kami akan membagikan tips memilih mainan anak yang aman. Karena pemilihan mainan anak yang aman haruslah diperhatikan oleh ornag tua demi keamanan anak anda.

  1. Baca label yang teliti. Kebanyakan orang tua membelikan minan anak tidak membaca label. Carilah produk mainan anak yang berlabel Indonesia asli.
  2. Harga mahal belum tentu aman. Selama ini banyak orangtua beranggapan bahwa harga menentukan kualitas. Hal ini memang benar, tetapi tidak selamanya harga mainan yang mahal itu aman.
  3. Membeli mainan sesuai usia anak. misalnya untuk anak berusia 3 tahun sebaiknya jangan dibelikan mainan yang ukurannya terlampau kecil. Karena yang ditakutkan anak anda akan memasukkan mainan tersebut kedalam mulut mereka. Ini ini sangat membahayakan anak anda tentunya.
  4. Periksa fisik mainan. Umumnya terdapat sebagian mainan edukasi anak umumnya berbahan dasar kayu seperti sempoa. Sehingga penting untuk melihat dan memeriksa kondisi permukaan mainan. Apakah aman atau ttidak bagi anak. karena serpihan mainan berbahan kayu yang tidak mulus misalnya bisa masuk ke tangan anak-anak atau bahkan ikut termakan.

Itulah beberapa tips memilih mainan anak yang aman yang perlu anda ketahui sebelum memberikan atau membeli mainan untuk anak anda.

author