Tips Memilih Sikat Gigi Untuk Bayi

No comment 532 views

Kebersihan mulut yang baik harus dimulai saat bayi Anda mendapatkan gigi pertamanya dan biasanya terjadi pada sekitar usia enam bulan. Pada awalnya, Anda hanya dapat menyeka gigi dengan beberapa handuk lembut khusus bayi, tetapi ketika bayi Anda memiliki beberapa gigi, saatnya untuk beralih ke sikat gigi bayi. Carilah sikat gigi yang ukuran dan teksturnya tepat untuk bayi Anda dan mudah bagi Anda untuk menerapkannya ke gigi bayi.

Gusi bayi merupakan permukaan yang lembut dan sensitif, sehingga mencari sikat yang memiliki bulu lembut adalah sebuah keharusan. Kebanyakan sikat gigi bayi datang dengan bulu lembut, tetapi anda harus memeriksanya dengan baik sebelum menggunakan sikat tersebut. Sikat gigi yang Anda pilih juga harus memiliki kepala yang sangat kecil. Ini akan memungkinkan Anda untuk menyikat gigi secara terperinci dalam satu kali sikat, dan akan membantu Anda untuk menghindari luka pada mulut bayi Anda atau membuatnya tersedak.

Carilah sikat gigi bayi yang memiliki ketebalan dan mudah untuk digenggam. Juga, pastikan bahwa sikat gigi tersebut mempunyai batas dan grip pegangan agar anda tangan anda tidak terpeleset. Hal ini dapat juga dapat mencegah selip yang mungkin mengejutkan atau sedikit melukai mulut bayi Anda.

Pertimbangan lain yang perlu anda ingat ketika akan membeli sikat gigi bayi adalah sikat elektrik atau tidak. Meskipun sikat gigi elektrik memiliki kepala kecil dan mungkin datang dengan bulu lembut, suara mungkin menakuti anak kecil. Sehingga, memilih sikat gigi non elektrik sepertinya menjadi sebuah hal yang patut untuk dilakukan. Ketika bayi anda mulai tumbuh besar, mungkin saja mereka mau menyikat gigi jika terdapat karakter kartun favorit di sikat yang mereka miliki.

Bagaimana dengan pasta gigi bayi? Haruskah anda juga memperhatikannya? Tentu saja. Ketika bayi sudah mencapai usia 6 bulan atau lebih, maka carilah pasta gigi yang mengandung fluoride. Gunakan hanya beberapa butir ukuran alias begitu kecil ketika anda menerapkan pasta gigi ke sikat bayi anda. Sementara itu, ketika bayi belum berumur 6 bulan, cobalah untuk tidak menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Bicaralah dengan dokter gigi anak Anda tentang hal apapun yang Anda miliki tentang kesehatan gigi bayi Anda. Ia juga dapat merekomendasikan merek sikat gigi. Perawatan gigi yang baik pada awal tahun dapat berkontribusi untuk pembentukan kebiasaan yang baik dan senyum yang sehat selama bertahun-tahun yang akan datang.

author