Tips Memilih Susu yang Baik untuk Ibu Hamil

No comment 623 views

Awal kehamilan bagi seorang ibu muda tentu terasa sangat membahagiakan. Buah hati yang telah dinantikan akan segera terlahir di dunia sebagai pelengkap kebahagiaan dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

Pada masa kehamilan ini seorang ibu muda harus benar – benar memperhatikan kesehatan dan asupan nutrisinya guna menunjang tumbuh kembang sang janin dalam kandungan. Ketercukupan dan keseimbangan nutrisi harus selalu terjaga agar janin dapat tumbuh secara sehat dan maksimal sesuai tahap pertumbuhannya. Dalam hal ini ada satu jenis asupan yang tentu tak boleh ditinggalkan karena akan sangat membantu menunjang pemenuhan nutrisi ibu hamil, yakni susu.

susu ibu hamil

Susu memang mengandung berbagai nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil guna mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh dan janinnya. Saat ini telah terdapat banyak produk susu khusus ibu hamil yang dapat dengan mudah dibeli di toko atau swalayan. Namun apakah semua susu ibu hamil itu sama? Tentu tidak. Kandungan gizi dan kualitas dari banyaknya susu yang tersedia saat ini tentu berbeda – beda. Oleh sebab itu penting bagi ibu hamil untuk dapat memilih dan memilah susu yang tepat untuk kehamilannya.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai panduan dalam menentukan susu kehamilan yang terbaik untuk ibu muda.

  • Cermati kandungannya

Beberapa kandungan yang wajib ada pada susu ibu hamil antara lain asam folat, protein, DHA, AA, dan vitamin. Kelima zat ini memiliki peran penting untuk kesuburan kandungan ibu hamil sehingga dapat membuat janin tumbuh dengan baik.

  • Sesuaikan susu dengan usia kandungan Anda

Setiap trimester umumnya kebutuhan susu ibu hamil berbeda – beda karena harus disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi pertumbuhan janin. Untuk itu penting bagi ibu hamil untuk memahaminya, melakukan kosultasi kedokter guna memilih susu kehamilan yang tepat tiap trimesternya merupakan langkah terbaik yang dapat dilakukan.

Meskipun susu kehamilan sangat penting untuk ibu hamil, namun dukungan dari jenis makanan lain mutlak dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Untuk itu melakukan pola makan sehat bergizi merupakan hal yang wajib dilakukan ketika masa kehamilan.

author