Tips Menanamkan Keberanian pada Anak

No comment 506 views

jaring

Semua Bunda tentu sangat menyayangi buah hati mereka. Bunda tidak akan membiarkan segala sesuatu yang buruk terjadi pada Si anak bukan? Oleh karena itu banyak sekali Ibu yang memproteksi anaknya untuk menghindarkannya dari hal-hal yang buruk. Hingga ada Bunda yang melarang anaknya untuk melakukan ini itu.

Melindungi buah hati memang sangat baik dan merupakan kewajiban setiap orang tua. Akan tetapi, apakah melindunginya secara berlebihan juga baik? Belum tentu. Karena melarangnya untuk melakukan ini-itu akan membuat anak kurang memiliki keberanian. Anak-anak yang diperlakukan seperti ini cenderung akan pasif.

Lalu, apa yang harus Bunda lakukan agar dapat melindungi anaknya, namun juga tidak menghambat keberaniannya? Tentu saja dengan melindungi sewajarnya, karena segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik. Cara melindungi anak sewajarnya ini antara lain dengan cara tidak melarang tetapi mendampinginya serta menasihatinya agar hal buruk tidak terjadi. Contohnya ketika anak naik di atas meja. Bunda sebaiknya menasihatinya untuk berhati-hati agar tidak jatuh, serta terus mengawasinya. Contoh lainnya ketika anak bermain di tanah. Biarkan saja Ia bermain ditanah dengan terus mengawasinya, setelah itu mandikan mereka agar bersih kembali.

Nah, begitu tadi cara melatih pribadi pemberani pada anak. Hal ini juga diterapkan di taman kanak-kanak di beberapa negara maju seperti Jerman. Guru akan membiarkan atau menyuruh muridnya untuk memanjat dan melewati jembatan keseimbangan untuk melatih keberanian mereka.

author