Tips Mendidik Anak Balita Berpuasa

No comment 418 views

Tips mendidik anak balita untuk berpuasa memang sudah seharusnya diketahui dan dipraktekkan pada setiap orang tua. Seorang anak, tentu harus dilatih untuk berpuasa sejak dini agar mereka mampu membiasakan diri berpuasa hingga dewasa nanti. Ada kesulitan yang benar-benar tampak apabila anak tidak diajarkan sejak dini. Di bawah ini, terdapat beragam tips mendidik anak balita untuk berpuasa yang bisa anda coba.

Ajarkan anak mengenai arti puasa

Didik anak anda dengan cara memberikan teori apa itu berpuasa. Bagaimana cara melakukannya, dan apa saja yang tidak boleh dilakukan ketika menjalankan ibadah ini. Anak akan mendapatkan sebuah pengertian yang memberikan ia fondasi baik terhadap perkembangan ibadah di tahap selanjutnya.

Mengajak anak sahur

Dalam berpuasa, salah satu elemen penting adalah sahur. Untuk itu, disarankan bagi anda untuk mulai membangunkan anak ketika memasuki waktu sahur. Ajak mereka untuk bangun dan berpartisipasi dengan cara makan bersama serta melakukan aktivitas lain.

Agar anak mau makan, maka buat suasana sahur menjadi sangat nyaman dan anda bisa mulai memasak beragam makanan kesukaan sang anak.

Jangan paksakan anak anda

Ketika anak anda belum mampu berbuat banyak saat berpuasa, maka jangan memberikan paksaan kepada dirinya. Biarkan anak menjalankan ibadah semampunya karena ia bisa saja sakit apabila dipaksa untuk berpuasa. Anda bisa mencobanya dengan cara melatih anak untuk berpuasa dalam waktu setengah hari, kemudian berbuka dan melanjutkan kembali puasanya.

Berikan motivasi kepada anak

Adalah wajar apabila anak terus mengeluh di hari-hari pertama saat ia berpuasa. Anda hanya diharuskan untuk memberikan motivasi kepada dirinya agar mampu meneruskan waktu berpuasa hingga waktu magrib tiba. Jangan buat ia cengeng namun jangan pula memarahi anak. dukung dengan tulus dan ajak ia beraktivitas agar mampu melupakan rasa letih dan lemas ketika berpuasa.

Ketika berbuka, didik anak anda untuk tidak mengkonsumsi makanan yang berlebihan karena hal tersebut tidak diperbolehkan. Itulah beberapa bagian penting dalam tips mendidik anak balita untuk berpuasa.

author