Tips Mengajarkan cara Berenang pada Anak

No comment 682 views

Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh anak dapat Anda lakukan dengan banyak hal. Selain dengan membarikan pola makan empat sehat lima sempurna dengan nutrisi yang cukup dan seimbang, olah raga menjadi salah satu alternatif sempurna untuk membuat tubuh si kecil tetap segar.

Nah berbicara mengenai olah raga bagi anak – anak, salah satu yang dapat Anda ajarkan kepada anak adalah berenang. Yap berenang memiliki banyak manfaat bagi pertumbuhan anak, selain dapat menyehatkan dan menyegarkan tubuh si kecil, berenang juga berguna untuk membantu menyehatkan paru – paru serta membantu memaksimalkan pertumbuhan tingginya.

tips nyaman ajak bayi berenang

Mengingat besarnya manfaat olahraga renang bagi anak, nampaknya penting bagi Anda untuk mengenalkan dan mengajarkannya sejak dini. Dan berikut ini langkah – langkah mengajarkan anak cara berenang yang baik:

  • Pertama pastikan anak merasa nyaman dengan kondisi dingin di dalam kolam. Untuk itu melakukan adaptasi terlebih dahulu dengan memegangi anak di pinggir kolam hingga ia terbiasa dengan kondisi dingin air perlu untuk Anda lakukan.
  • Lakukan secara bertahap dengan sabar langkah demi langkah. Mulailah dengan mencontohkan cara menggerakkan kaki agar bisa mengambang di dalam air.
  • Ajari anak cara menyelam. Mintalah anak untuk membuat bola – bola udara di dalam air dengan cara   menghembuskan nafas secara perlahan ketika wajahnya dicelupkan ke dalam air.
  • Mintalah anak untuk menarik nafas panjang, menahannya, serta kemudian menyelam kedalam air. Dalam hal tugas Anda adalah memeganginya agar tidak tenggelam.
  • Selanjutnya ajarkan anak bagaimana melakukan koordinasi gerakan kaki dan tangan secara bersamaan agar tubuhnya dapat mengembang.
  • Terakhir jadwalkan latihan renang anak secara rutin agar kemampuannya dapat segera berkembang.

Demikin beberapa langkah mengajarkan cara berenang pada anak.

author