Tips Mengatasi Anak Pemalu

No comment 641 views

Apakah Anda memiliki anak pemalu? Mungkin Anda seorang guru atau pengasuh anak. Jika hal ini terjadi, mungkin pertanyaan telah terlintas dalam pikiran Anda, “Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi anak-anak pemalu?”

Rasa malu mungkin tidak mudah terlihat pada anak-anak. Beberapa anak mungkin melekat secara berlebihan kepada sang ibu dalam keadaan yang tidak familiar. sifat pemalu pada anak jika tidak segera diatasi biasanya anak mengalami sifat pemalu hingga dewasa.

Seorang anak yang tidak menunjukkan tanda-tanda rasa malu pada usia enam atau tujuh dapat menjadi terasa malu pada usia sembilan atau sepuluh.

Sebaiknya sejak usia dini anak diajak bermain dengan teman sebayanya, atau mengajaknya bermain ditaman dapat membuat persahabatan antara anak-anak.

Mengembangkan minat anak dalam berbagai mata pelajaran seperti olahraga, musik, model bangunan, menggambar, dan sebagainya. Percakapan menjadi lebih penting daripada bermain seperti yang kita usia, dan interaksi sosial menjadi lebih kompleks.

Dalam hal apapun, ada beberapa hal yang Anda harus tahu tentang apa yang harus dilakukan tentang anak-anak pemalu.

1. Jangan terlalu agresif dalam mendorong anak-anak Anda dalam kegiatan sosial. Sebaliknya, menawarkan dukungan kepada mereka ketika mereka menjadi tertarik pada sesuatu sendiri. Tawarkan untuk mengantar mereka ke pertemuan acara yang mereka senangi atau tempat-tempat lain di mana mereka dapat berinteraksi dengan orang lain.

2. Menunjukkan minat pada anak Anda sendiri. Ketika anak Anda ingin berbicara tentang kegiatan dengan Anda, jangan menggurui atau berpura-pura tertarik. Menunjukkan antusiasme yang nyata.

3. Jangan memotong pembicaraan. Anak Anda harus bisa berlatih berbicara kepada Anda dan anggota keluarga lainnya tanpa terputus. Jika anak Anda tidak mendapatkan kesempatan untuk berbicara dengan anggota keluarganya sendiri, bagaimana dia bisa belajar bagaimana untuk berlatih berbicara kepada orang lain?

author